6 Cara Mengatasi Baterai HP Tanam yang Melembung
Ilustrasi mengisi daya HP (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara mengatasi baterai HP tanam yang melembung perlu diperhatikan. Baterai yang melembung atau membengkak bisa membuat perangkat menjadi tidak stabil. Dalam beberapa kasus, baterai bahkan bisa terbakar atau meledak.

Penyebab Baterai HP Tanam Melembung

Sebagian besar produsen HP menyematkan baterai lithium-ion pada perangkat yang mereka buat. Jenis baterai ini menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan energi listrik.

Seiring bertambahnya usia, reaksi kimia di dalam baterai tidak berlangsung sempurna. Kondisi ini bisa mengakibatkan terbentuknya gas. Gas yang menumpuk dapat menimbulkan tekanan dan membuat bodi baterai menjadi melembung.

Hal lain yang dapat menyebabkan baterai HP tanam melembung adalah mengisi daya baterai secara berlebihan. Pengisian daya baterai yang berlebih dapat memunculkan reaksi kimia yang menghasilkan gas di dalam baterai ponsel. Karena gas itu tidak bisa keluar dari dalam baterai, akhirnya baterai menjadi melembung.

Menjatuhkan HP atau tidak sengaja membuka cover belakang HP juga bisa jadi penyebab baterai HP bengkak. Benturan fisik bisa memunculkan reaksi kimia di dalam baterai serta melemahkan berbagai bahan yang ada di dalam baterai.

Cara Mengatasi Baterai HP Tanam yang Melembung

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 21 April 2024, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai HP tanam yang melembung, di antaranya:

1. Hindari menggunakan aplikasi yang berat

Cara mengatasi baterai HP tanam melembung yang pertama adalah dengan tidak mengunduh atau menggunakan aplikasi yang berat. Salah satu contoh aplikasi yang berat, yakni gim. Umumnya, penggunaan HP secara penuh akan memengaruhi kualitas baterai.

2. Gunakan pengisi daya orisinal

Solusi yang berikutnya adalah menggunakan pengisi daya orisinal. Charger atau pengisi daya orisinal memiliki daya listrik yang sudah disesuaikan dengan kemampuan HP. Oleh sebab itu, hindari mengisi daya ponsel dengan charger KW atau palsu karena hanya akan memperparah keadaan baterai.

3. Menonaktifkan HP selama beberapa waktu

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mendiamkan baterai sampai kempis sendiri. Terkait hal ini, Anda bisa menonaktifkan HP selama beberapa waktu agar tidak ada daya yang bekerja.

4. Hindari mengisi daya baterai secara berlebih

Saat baterai HP tanam melebung, Anda harus memperhatikan cara pengisian daya baterai yang benar. Pastikan tidak mengisi daya secara berlebihan, sebab bisa merusak keadaan baterai.

Bila presentase pengisian daya sudah mendekati 100 persen, segera cabut dan jangan biarkan dalam waktu lama. Hindari juga aktivitas mengisi daya dari malam hingga pagi.

5. Tusuk dengan jarum

Cara mengatasi baterai HP tanam melembung yang selanjutnya adalah menusuknya dengan jarum. Langkah-langkahnya, buka penutup case belakang HP, kemudian tusukkan pada bagian baterai yang kembung.

Secara perlahan, baterai akan mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam baterai. Ketika melakukan metode ini, Anda harus hati-hati, sebab bila salah tusuk, baterai HP bisa meledak.

6. Ganti baterai HP dengan yang baru

Cara mengatasi baterai HP tanam melembung yang terakhir adalah menggantinya dengan baterai baru. Perlu diketahui, baterai HP tanam yang sudah rusak bisa diganti dengan yang baru, sebab komponen ini merupakan bagian yang terpisah dari HP.

Solusi yang terakhir ini sangat ampuh lantaran baterai baru akan bekerja secara efektif sehingga normal Kembali. Akan tetapi, pastikan Anda mengganti baterai di pusat servis resmi agar keasliannya terjamin.

Demikian informasi tentang cara mengatasi baterai HP tanam yang melembung. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.