Menkominfo: NVIDIA dan Indosat Akan Berinvestasi untuk Buat Indonesian AI Nation
Buka bersama dengan Kementerian Kominfo (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa NVIDIA dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berencana untuk berinvestasi sebesar 200 juta dolar AS (Rp3 triliun) untuk pendirian pusat AI di Indonesia.

"Ada komitmen dari NVIDIA dan Indosat untuk berinvestasi senilai 200 juta dolar alias Rp3 triliun untuk membangun Indonesian AI Nation," kata Budi kepada media di acara buka bersama Kementerian Kominfo pada Rabu, 3 April di Jakarta.

Budi juga menyebutkan, Indonesia AI Nation tersebut akan dibangun di Kota Solo, tepatnya di Solo Technopark. Adapun investasi ini akan berupa infrastruktur dan juga sumber daya manusia nya.

Berbicara mengenai alasan pemilihan lokasi, Budi mengatakan bahwa Solo memiliki kesiapan baik dari segi sumber daya manusia maupun infrastruktur yang ada. Namun, tidak menutup kemungkinan pusat AI akan dibagun di kota-kota lain di Indonesia di masa mendatang.

"Tadi sudah bicara Dirut Indosat dan juga mas Gibran, kita akan coba eksekusi," ujar Budi lebih lanjut. "Ya nanti kita lihat (selain Solo), kamu mau daerah mana? Bali, Bandung."

Wamenkominfo Nezar Patria juga menambahkan bahwa pembangunan Indonesian AI Nation ini merupakan langkah lanjutan dari kerja sama pemerintah Indonesia dan NVIDIA dan Indosat yang sudah berlangsung selama 2022-2023. 

"Jadi ini follow up dari komitmen jangka panjang NVIDIA juga di Indonesia. Jadi ada kerja sama sekitar 5 tahunan, nah ini yang dipertajam lagi dengan Indonesian AI Nation ini," pungkas Nezar.