WhatsApp Hadirkan Fitur Pengiriman Foto dan Video dengan Kualitas Asli di iOS
Pengguna WhatsApp iOS bisa jaga kualitas foto dan video yang dikirim (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA – WhatsApp kini mempermudah opsi pengiriman foto dan video dengan kualitas asli di sistem perangkat iOS. Pembaruan ini resmi diluncurkan secara global pada Senin, 4 Desember.

Sebenarnya, mengirimkan foto dan video menggunakan dokumen bukan hal yang baru untuk pengguna iPhone. Biasanya, pengguna hanya perlu membuka ikon Lampiran di kotak pesan dan membuka Dokumen untuk mencari foto atau video yang ingin dikirimkan.

Cara ini sangat merepotkan karena pengguna harus mengingat folder tempat foto dan videonya tersimpan. Namun, pada pembaruan WhatsApp 23.24.73 di iOS, pengguna iPhone tidak perlu lagi mengirimkan foto dan video dari folder dokumen hanya untuk menjaga kualitas.

Sekarang, pengguna bisa langsung mengirim gambar dengan kualitas dokumen, tetapi langsung memilih file-nya dari galeri. Caranya hampir sama seperti mengirimkan foto dan video menggunakan Dokumen.

Pertama, pastikan WhatsApp yang Anda gunakan sudah versi paling terbaru. Selanjutnya, buka Lampiran di kotak pesan dan pilih Dokumen. Pada tampilan terbaru, Anda akan melihat opsi Pilih dari Files dan Pilih Foto atau Video.

Jika Anda memilih opsi kedua, Anda akan langsung dibawa ke dalam galeri. Setelah memilih foto atau video yang diinginkan, WhatsApp akan mengirimkannya dalam bentuk dokumen. Kualitasnya pun tidak akan berubah.

Selain menambahkan cara baru dalam mengirimkan file berupa foto dan video, WhatsApp juga menghadirkan Voice Chats, fitur panggilan di grup besar tanpa dering, dan tampilan panggilan tidak terjawab, berlangsung, maupun selesai dalam bentuk bubble chat.

Semua pembaruan ini sudah bisa dirasakan oleh seluruh pengguna di Indonesia. Belum diketahui apakah WhatsApp akan menghadirkan fitur ini di Android, tetapi sejak awal WhatsApp memang fokus mengembangkan fiturnya di iOS.