8 Tips Memilih Speaker Bluetooth
Ilustrasi speaker bluetooth (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips memilih speaker teknologi bluetooth bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda yang berencana membeli pengeras suara. Perangkat audio bluetooth saat ini banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan jenis. Namun tidak semua cocok untuk Anda. Jika Anda bingung memilihnya, coba ikuti beberapa tips memilih pengeras suara bluetooth.

Tips Memilih Speaker Bluetooth

Dalam memilih speaker bluetooth Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal, tidak hanya merek namun juga fitur yang tersedia. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui.

  1. Anggaran

Tips pertama yang harus dipertimbangkan adalah anggaran belanja. Dengan anggaran terbatas Anda tentu tidak bisa membeli speaker dengan harga mahal. Namun Anda bisa memaksimalkan anggaran yang dimiliki agar tidak salah pilih.

  1. Merek

Ada banyak merek speaker bluetooth yang tersedia di pasaran. Namun Anda disarankan untuk memilih speaker dengan merek yang terpercaya. Speaker bluetooth dengan merek terpercaya akan menjamin kualitas hingga memberi garansi jika ternyata produk yang Anda beli mengalami kerusakan. Beberapa merek yang bisa dipilih misalnya Bluetooth Speaker POLYTRON, SIMBADA, dan sebagainya.

  1. Kualitas Audio

Jangan melupakan kualitas audio karena bagian ini jadi yang terpenting dalam speaker. Cara menilai kualitas audio pada speaker adalah dengan mempertimbangkan kejernihan suara, bass, dan volume maksimal, hingga keawetan speaker. Untuk mengetahui hal ini, bisa dilakukan pengetesan di toko yang menyediakan speaker tersebut.

  1. Fitur dan Konektivitas

Saat membeli speaker bluetooth disarankan untuk mempertimbangkan fitur dan konektivitas. Dua hal ini dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, speaker dibutuhkan untuk sekadar untuk memutar musik. Atau bisa juga memilih speaker dengan fitur koneksi Bluetooth versi paling baru seperti Bluetooth 5.0. Koneksi tersebut lebih stabil dengan jangkauan yang cukup jauh sehingga tidak mengganggu kualitas penyambungan dengan piranti lain. Selain itu Anda bisa memilih speaker dengan tambahan seperti USB, jack audio 3,5 mm, microSD, hingga AUX

  1. Daya Tahan Baterai

Salah satu keunggulan speaker bluetooth adalah memiliki baterai sehingga bisa dibawa ke mana saja tanpa butuh colokan listrik. Hindari memilih speaker dengan daya tahan baterai yang singkat misal 1 atau 2 jam saja. Pilihlah speaker dengan dapat aktif minimal selama 5-10 standby.

  1. Pilih yang Portable

Anda bisa memilih speaker yang mudah dijinjing. Faktor ini penting bagi sebagian orang yang memilih membeli speaker bluetooth agar bisa dibawa ke mana saja dalam berbagai keperluan. Misalnya, dipakai untuk pengeras suara saat mengadakan acara outdoor, atau digunakan saat Anda bepergian. Anda tentu tak ingin membawa speaker bluetoot dengan ukuran yang besar dan susah untuk dibawa sehingga butuh kardus atau tas tambahan.

  1. Pilih Bahan yang Kokoh

Pertimbangkan juga bahan yang digunakan. Cobalah untuk mengecek ketebalan atau kerapian komponen. Hindari membeli speaker dengan bahan yang terlihat kurang meyakinkan.

  1. Cek Review

Anda juga bisa cek review tentang produk speaker yang ingin dibeli. Pengecekan sendiri bisa dilakukan di berbagai kanal, bisa lewat YouTube atau media sosial lain. Pengecekan ini penting untuk mengetahui pengalaman pengguna lain setelah menggunakan produk speaker.

Itulah tips memilih speaker bluetooth. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.