Mudah! Begini Cara Sembunyikan IP Pengguna WA saat Telepon
Ilustrasi Protect Ip Address in Calls (foto dok. Meta)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Platform perpesanan instan menghadirkan fitur baru yang diberi nama Protect Ip Address in Calls. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat Internet Protocol alias IP perangkat ketika melakukan panggilan suara (voice call). Lantas, bagaimana cara sembunyikan ip pengguna WA saat telepon?

Sebagai informasi, alamat IP merupakan serangkaian nomor unik yang berfungsi sebagai identitas sebuah perangkat di internet atau jaringan lokal.

IP address digunakan sebagai alamat tujuan supaya perangkat-perangkat di internet bisa saling berkirim data.

“Alamat IP dapat mengandung informasi penting bagi sebagian pengguna yang sadar akan keamanan data pribadi, seperti lokasi geografis dan penyedia internet, dan sebagainya,” papar Meta, perusahaan induk WhatsApp, dalam keterangan di laman resminya.

Nah, kehadiran fitur Protect Ip Address in Calls memungkinkan pembuat panggilan suara dapat menyembunyikan alamat IP-nya. Pun demikian dengan penerima panggilan voice call, mereka tidak akan bisa melihat IP address lawan biacaranya.

Kendati dapat meningkatkan keamanan, fitur baru WhatsApp kemungkinan akan menurunkan kualitas panggilan telepon karena kecepatan transfer datanya lebih lambat dari koneksi antar device atau peer-to-peer (P2P)

WhatsApp memastikan panggilan di dalam platform bakal terlindungi dengan teknologi end-to-end encryption. Artinya, tidak akann ada pihak manapun di luar mereka yang terhubung akan bisa mendengaarkannya.

Cara Sembunyikan IP Pengguna WA saat Telepon

Fitur Protect Ip Address in Calls yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat Internet Protocol ketika melakukan panggilan suara, sudah tersedia di Indonesia untuk WhatsApp Android versi 2.23.23.78.

Pengguna bisa mengaktifkannya dengan mengunjungi menu “Settings”. Berikutnya, klik “Privacy”, lalu gulir layar hingga menemukan tulisan “Advanced”.

Dalam menu “Advanced” pengguna akan menukan tulisan “Protect IP address in calls”. Pengguna tinggal menggeser toggle di sebelah kanan untuk mengaktifkanya.

Selain menghadirkan fitur Protect Ip Address in Calls, WhatsApp juga meluncurkan fitur keamanan baru lainnya pada Juni lalu. Fitur tersebut diberi nama Silence Unknown Callers. Fitur ini berfungsi membungkam panggilan yang tidak dikenal.

Dalam fitur ini, WhatsApp menyematkan teknologi baru bernama token privasi. Dengan ini, pengguna bisa memilih kontak mana yang bisa dipercaya atau tidak.

Server bakal memvalidasi token dengan sejumlah faktor. Nantinya, ketika ada voice call, akan ditentukan apakah akan mengizinkan kontak itu bisa menghubungi pengguna atau tidak.

“Demi privaasi pengguna kami, server tidak mempelajari apapun mengenai hubungan antara penelepon dan penerima token,” tutur WhatsApp.

Platform perpesanan instan milik Meta ini mengungkapkan fitur akan dikombinasikan dengan perlindungan lain dari platform. Sehingga pengguna akan tetap aman ketika menggunakan layanan pesan instan dari WA.

Demikian informasi tentang cara sembunyikan IP pengguna WA saat telepon. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.