Ragam Cara Mengatasi HP Overheat, Sederhana Namun Efektif!
Ilustrasi ponsel (Foto: Pixabay/noelsch)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap handphone (hp) memiliki batas kinerja dan akan panas alias overheat bila digunakan selama berjam-jam tanpa ada jeda. Misalnya, melakukan panggilan video call terlalu lama, memainkan hp Ketika proses charging, menonton video atau streaming terlalu lama dan masih banyak lagi.

Ponsel yang panas saat digenggam tentu saja mengganggu kenyamanan penggunanya. Selain itu, kondisi overheat juga bisa merusak komponen di dalam smartphone. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp overheat?

Cara Mengatasi HP Overheat

Menyadur laman Make Use Of, Jumat, 11 November 2023, berikut ragam cara mengatasi hp overheat yang bisa Anda lakukan:

  • Lepaskan casing hp: Bila telepon genggam Anda sudah terasa panas, lepaskan casing ponsel untuk menetralkan suhunya. Sedianya, casing tidak menyebabka hp overheat. Hanya saja, penggunaan casing yang terbuat dari bahan plastik atau karet dapat memerangkap panas yang dikeluarkan hp. Dengan melepaskan casing hp, perangkat seluler Anda akan lebih cepat dingin.
  • Matikan hp: Cara mengatasi ponsel overheat yang berikutnya adalah mematikan perangkat seluler dalam beberapa waktu. Hal ini untuk memberi jeda terhadap hp karena sudah bekerja ekstra selama berjam-jam.
  • Menonaktifkan GPS dan bluetooth: Menonaktifkan GPS dan Bluetooth dapat menurunkan suhu hp. Baik GPS maupun Bluetooth membutuhkan konsumsi baterai yang besar Ketika digunakan. Tak hanya itu, membiarkan dua aplikasi ini aktif terus-menerus meskipun tidak digunakan juga dapat menyebabkan hp overheat. Oleh sebab itu, segera nonaktifkan GPS dan Bluetooth bila sudah tidak digunakan.
  • Tutup aplikasi: Selain menonaktifkan GPS dan Bluetooth, cara mengatasi hp overheat juga bisa dilakukan dengan menutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Menutup aplikasi ketika sedang mengisi daya ponsel juga efektif menurunkan suhu hp yang overheat.
  • Turunkan kecerahan layar: Saat memakai hp di luar ruangan, jangan lupa untuk menurunkan tingkat kecerahan layar. Cahaya hp yang terlalu terang dan terpapar suhu panas dapat menyedot daya baterai terlalu cepat dan membuat hp menjadi overheat.
  • Jangan mengisi daya terlalu lama: Cara mengatasi hp overheat yang berikutnya adalah melepaskan charger saat daya baterai mencapai presentase daya yang cukup, yakni hingga 80 persen saja. Anda tidak disarankan mengisi daya terlalu lama, sebab hp cenderung akan kepanasan bila terisi penuh.
  • Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan: Tips yang selanjutnya, yakni menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan. Selain itu, matikan juga aplikasi yang berjalan di latar belakang dan nonaktifkan layanan lokasi dari aplikasi tertentu.
  • Gunakan kamera seperlunya: Menggunakan kamera ponsel untuk memotret dan merekam video dengan resolusi tinggi dalam waktu yang lama bisa membuat hp cepat panas. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan kamera saat diperlukan saja.

Demikian informasi tentang cara mengatasi hp overheat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.