Threads Bakal Semakin Meninggalkan Platform X Milik Elon Musk, Ini Buktinya!
Threads dari Meta miliki banyak fitur gratis. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Baru diluncurkan pada bulan Juli tahun ini, aplikasi Threads dari Meta telah dianggap sebagai pesaing terdekat dan kandidat paling berpotensi untuk menggulingkan X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Sekarang, Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk Threads, Meta, telah mengungkapkan dua fitur baru utama.

"Mulai hari ini, kami akan menghadirkan Fitur Edit dan Voice Threads. Selamat menikmati!" Zuckerberg memposting di Threads. Yang terbaik dari semuanya, opsi untuk mengedit threads sepenuhnya gratis untuk semua pengguna.

Sebaliknya, pada aplikasi pesaing, X, opsi untuk mengedit postingan terbatas hanya untuk pengguna yang membayar 11 pound/bulan (Rp200 ribu) di Inggris atau 8 dolar AS/bulan (Rp125 ribu) di Amerika Serikat untuk Twitter Blue. Untuk mengedit postingan di Threads, cukup ketuk tiga titik yang muncul di sudut kanan atas postingan Anda dan ketuk 'edit'.

Namun, ada catatan penting - ini hanya akan menjadi opsi dalam waktu lima menit setelah posting dilakukan. Setelah Anda mengedit postingan, Threads akan menambahkan ikon di samping penanda waktu untuk menunjukkan bahwa itu telah diedit.

Sementara itu, Menurut Adam Mosseri, CEO Instagram, fitur baru Voice Threads memungkinkan Anda "menceritakan cerita dengan cara yang lebih kaya," .

"Ketika Anda pergi ke komposer untuk menulis thread baru, Anda akan melihat ikon mikrofon baru di sana dan Anda sebenarnya dapat merekam catatan suara untuk menambahkan sedikit teksur pada apa pun yang Anda bagikan," kata Mosseri lewat akun Instagramnya. "Dan kami akan menuliskan catatan suara itu untuk Anda, sehingga pengikut Anda dapat membaca atau mendengarkan thread Anda, apa pun yang mereka pilih."

 Threads diluncurkan pada bulan Juli oleh Meta, yang juga memiliki Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Aplikasi ini - yang erat terkait dengan aplikasi Instagram - memungkinkan pengguna untuk berbagi posting teks hingga 500 karakter, serta tautan, foto, dan video lima menit.

Sementara Instagram secara utama digunakan untuk foto dan klip video, Threads digunakan untuk "membagikan pembaruan teks dan bergabung dalam percakapan publik".

Antarmuka pengguna sebenarnya sangat mengingatkan pada X - dengan beranda yang menampilkan umpan postingan segar dari pengguna lain secara terus-menerus.  Sementara itu, "postingan" seseorang di Threads tercantum di halaman profil mereka, tepat di bawah nama pengguna, foto, dan pengikut.

Threads gratis, meskipun pengguna dapat mendapatkan centang biru di sebelah nama mereka dengan membayar 10 pound per bulan untuk layanan berlangganan Meta Verified.