Ternyata Begini Cara Membaca Pesan Telegram Tanpa Ketahuan oleh Pengirim
Cara membaca pesan Telegram diam-diam (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda bertukar pesan melalui WhatsApp atau Telegram, Anda bisa mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum oleh penerima, melalui tanda bukti baca atau laporan dibaca. 

Tapi, bagi sebagian orang tanda terima baca ini menekan mereka untuk segera membalas pesan. Karena jika tidak, mereka mungkin merasa bersalah karena mengabaikan pesan dari seseorang tersebut. 

Untungnya, WhatsApp memiliki fitur untuk mematikan laporan dibaca, sehingga pengirim pesan tidak akan mengetahui pesannya sudah dibaca atau belum oleh penerima. 

Mengikuti jejak WhatsApp, Telegram baru-baru ini juga memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan Anda melihat pratinjau pesan tanpa harus membuka obrolan.

Dengan pratinjau obrolan, Anda bisa melihat konten pesan tanpa mengirim tanda terima baca ke pengirim. Anda dapat menggunakannya pada obrolan apa pun, apakah itu percakapan pribadi, obrolan grup, atau saluran.

Cara Membaca Pesan Telegram Tanpa Pengirim Tahu

Menggunakan fitur obrolan pratinjau sangat mudah dan intuitif. Inilah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka aplikasi Telegram di ponsel Anda dan pergi ke layar Obrolan
  2. Temukan obrolan yang ingin Anda pratinjau dan tekan dan tahan gambar profilnya
  3. Jendela pratinjau akan muncul, menunjukkan kepada Anda pesan terbaru dalam obrolan. Anda dapat menggulir ke atas atau ke bawah untuk melihat lebih banyak pesan
  4. Untuk keluar dari mode pratinjau, ketuk di mana saja di luar jendela. Pesan akan tetap dalam status belum dibaca, dan pengirim tidak akan tahu Anda telah melihatnya.

Dengan trik ini, Anda dapat melihat pratinjau obrolan sebanyak yang Anda inginkan. Namun, Anda harus hati-hati ketika Anda ingin keluar dari mode pratinjau. Karena  jika Anda salah klik, mungkin pesan tersebut akan terbuka.