Waktu yang Tepat untuk Live TikTok Lengkap dengan Tips untuk Meraih Banyak Penonton
Ilustrasi Live TikTok (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa live TikTok bisa dilakukan secara maksimal saat dilakukan di jam-jam tertentu? Saat pengguna melakukan live di media sosial tersebut, penonton akan lebih mudah terjaring daripada melakukan live dengan waktu yang random. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk live TikTok?

Waktu yang Tepat untuk Live TikTok

Secara umum TikTok Live adalah fitur yang dikembangkan agar pengguna media sosial dapat berinteraksi dengan pengguna lain secara realtime. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna media sosial tersebut, khususnya yang melakukan transaksi jual beli untuk meraih banyak penonton sehingga potensi untuk melakukan penjualan lebih besar.

Transaksi jual beli di TikTok memang sangat dimungkinkan terjadi dalam fitur live, namun hal itu tidak serta merta terjadi. Pengguna harus mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan live TikTok, salah satunya adalah waktu.

Menurut data dari SocialPilot, waktu terbaik untuk live di TikTok adalah antara pukul 6-11 pagi atau 7-11 malam. Sedangkan hari terbaik untuk live di TikTok adalah hari Selasa, Kamis dan Jumat. Namun perlu diperhatikan bahwa jadwal tersebut tidak bisa dipukul rata. Memilih waktu terbaik untuk live TikTok harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari niche, kebiasaan masyarakat secara umum dalam satu wilayah, jenis produk yang dipasarkan, jenis audiens, dan masih banyak lagi.

Tips Live TikTok Mendapat Penonton Banyak

Siapapun yang menggunakan fitur live TikTok berpotensi meraup penonton dalam jumlah besar, asal dalam pelaksanaannya dilakukan dengan baik. Ada beberapa tips live TikTok yang bisa dilakukan oleh pemula yakni sebagai berikut.

  1. Rencanakan Apa yang Akan Dilakukan saat Live

Pernahkah Anda menemukan akun melakukan TikTok Live namun tidak menemukan hal yang menarik? Masalah tersebut bisa diatasi asal pemilik akun melakukan perencanaan lebih dulu. Perencanaan bisa dilakukan dengan beberapa pertanyaan, misalnya, apa yang akan dilakukan saat live, apa yang akan dikatakan saat live, dan sebagainya.

  1. Gunakan Alat dan Tempat yang Memadai

Alat dan tempat ternyata cukup berpengaruh pada hasil live karena hasil tampilan akan lebih menarik. Gunakan kamera atau ponsel dengan hasil video yang jernih, manfaatkan tripod agar penempatan device lebih strategis. Selain itu buatlah agar tempat live bersih dan menarik.

  1. Jalin Komunikasi dengan Baik

Saat Anda menjadi host live streaming, usahakan agar lebih komunikatif. Tujuan fitur live adalah agar pengguna media sosial antara satu dengan yang lain bisa saling komunikasi. Anda bisa melakukan komunikasi dengan audiens dengan cara menyapa setiap pengguna yang bergabung ke live Anda.

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Usahakan untuk memilih waktu live yang tepat seperti saat primetime. Waktu yang tepat untuk live TikTok bisa dipilih dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk analisa konten yang sudah disediakan TikTok. Hindari jam-jam sibuk seperti jam 6 pagi atau jam tidur seperti jam 3 subuh. Namun pemilihan jam bisa disesuaikan dengan jenis produk yang dijual.

  1. Pertimbangkan Durasi

Durasi siaran secara langsung juga akan berpengaruh pada perolehan audiens. Misalnya, sebagai pemula, Anda hanya melakukan live selama 7 menit. Tentu waktu tersebut kurang untuk menarik masa dari TikTok.

Itulah informasi terkait waktu yang tepat untuk Live TikTok. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.