Mengenal Jenis-Jenis Headset Beserta Fungsinya, Ada Apa Saja?
Ilustrasi headset (Foto: Pixabay/Ri_Ya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang mungkin belum mengetahui perbedaan jenis headset yang beredar di pasaran. Apabila Anda dapat membedakan alat penyuara tersebut, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pemilihan sesuai dengan kebutuhan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis headset yang bisa dijadikan guide untuk memilih headset. Baca terus sampai selesai, ya!

Jenis-Jenis Headset Beserta Fungsinya

Perlu diketahui, headset merupakan alat penyuara yang dilengkapi dengan speaker dan mic yang terpasang pada satu perangkat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis headset yang sering dijumpai di pasaran:

  1. Headset

Headset adalah Headset adalah sebuah perangkat audio yang mempunyai dua device yang digabungkan menjadi satu. Pada headset terdapat perangkat input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output, yakni speaker.

Jika dilihat dari bentuknya, headset terlihat seperti bando dengan speaker berbentuk lingkaran pada ujungnya. Hal ini dimaksudkan supaya suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal.

Headset sangat cocok digunakan untuk melakukan video konferensi karena dibekali dengan mic yang terpasang pada perangkatnya.

Kendati demikian, headset kurang praktis untuk dibawa dan digunakan pada setiap momen. Pengguna headset perlu menyediakan tempat lebih luas dan khusus jika ingin membawanya kemana saja.

  1. Headphone

Headphone merupakan perangkat penyuara yang mirip dengan headset. Headphone dirancang menggunakan dua speaker sederhana yang dipasang pada bando. Bando headphone berdungsi sebagai penghubung speaker kanan dan kiri.

Headphone sangat pas jika di telinga karena dibekali bantalan empuk yang berfungsi sebagai output audio dengan kualitas terbaik.  Perangkat ini umumnya digunakan di laptop atau komputer untuk menunjang kualitas audio yang lebih baik. Misalnya, untuk menonton film.

Fungsi utama headphone adalah untuk mendengarkan audio. Sebagian headphone tidak dibekali dengan microphone. Oleh sebab itu, headphone kurang cocok digunakan untuk konferensi video.

  1. Handsfree

Handsfree adalah jenis headset yang paling simpel. Akan tetapi, handsfree tidak menggunakan bando untuk menghubungkan kedua audionya.

Handsfree memiliki mikrofon dan tombol fungsi tersendiri. Dengan handsfree, pengguna dapat menerima atau mematikan panggilan dengan cara yang lebih mudah.

Ada dua jenis dari Handsfree ini, yakni dengan kabel dan bluetooth. Ada pula handsfree biasanya harus terhubung dengan koneksi Bluetooth agar tersambung.

  1. Earphone

Jenis headset yang terakhir adalah earphone.  Earphone merupakan perangkat audio yang memiliki bentuk lebih kecil dibanding headphone atau headset.

Earphone dipasang langsung pada lubang telinga dan mempunyai kabel yang dihubungkan pada perangkat smartphone. Meskipun begitu, earphone bisa digunakan di berbagai perangkat seperti tablet, laptop, atau komputer.

Earphone dapat digunakan untuk mendengarkan audio dan berkomunikasi dua arah. Mic yang tersemat di earphone umumnya terletak pada kabel yang menghubungkan speaker dengan perangkat.

Earphone dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

  • In Ear Monitor: Ini adalah perangkat penyuara yang dipakai di dalam daun telinga dan mempunyai nozzle atau pipa kecil yang masuk ke dalam kanal telinga.
  • Earbud: Ini adalah earphone yang menggunakan plastik keras pada ujung bagian speakernya.
  • Earfit: earphone ini memiliki penghubung yang dilingkarkan pada sekitar daun telinga sebelum dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Demikian informasi tentang jenis-jenis headset yang beredar di pasaran. Semoga artikel ini dapat dijadikan guide bagi pembaca VOI.ID dalam memilih headset sesuai dengan kebutuhan.