Cara Menghilangkan Malware Android, Jangan Biarkan Data Pribadi Bocor
Ilustrasi serangan malware (foto: dok.pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu masalah yang kerap dicemaskan pengguna smartphone adalah serangan malware atau virus. Malware seringkali menyerang android anda hingga menganggu aktivitas dan kenyamanan. Smartphone android memang rentan terkena virus apabila tidak dilengkapi dengan software anti virus. 

Malware merupakan virus yang berbahaya bagi smartphone android hingga penggunanya. Malware tidak hanya merusak perangkat seluler anda. Namun virus ini juga bisa mencuri data-data pribadi anda, seperti daftar kontak, informasi perbankan, arsif foto dan video, serta data lainnya. 

Virus dan Jenis Malware 

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat menyusup ke ponsel Anda. Dibuat dengan maksud untuk menyebabkan kerusakan. Jenis-jenis malware atau virus yang menyerang smartphone dan komputer anda, yaitu, worm komputer, Trojan, ransomware, dan spyware.

Pelaku kejahatan cyber dapat menggunakan malware untuk mengakses data pribadi Anda dan, dalam beberapa kasus, selanjutnya menggunakan informasi sensitif tersebut untuk melakukan pencurian identitas atau penipuan.

Malware menyusup ke komputer atau perangkat lain dan programnya. Malware bisa masuk ke perangkat anda tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda. Virus kemudian dapat memasukkan kode berbahaya baru ke perangkat Anda yang dapat memantau dan manipulasi aktivitas online Anda.

Apa Dampak Serangan Malware?

Malware sering dirancang untuk aksi kejahatan digital. Pelaku cyber crime menggunakan malware untuk menghasilkan uang dengan cara ilegal. Malware dapat mencuri informasi anda, membuat perangkat Anda mengirim pesan SMS ke layanan teks dengan tarif premium, atau memasang adware yang memaksa Anda untuk melihat halaman web atau mengunduh aplikasi.

Cyber crime perancang malware dapat mencuri daftar kontak Anda, informasi pribadi Anda, lokasi Anda, kata sandi Anda, dan banyak lagi. Dengan malware, penjahat dunia maya dapat mengakses perangkat Anda dan mencuri informasi Anda untuk digunakan sendiri atau untuk dijual di web gelap.

Tanda-tanda Smartphone Android Terkena Malware

Smartphone dapat rentan terhadap serangan malware atau virus. Berikut tanda-tanda smartphone anda terkena malware.

  1. Ponsel Anda terlalu lambat
  2. Aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat
  3. Baterai terkuras lebih cepat dari yang diharapkan
  4. Ada banyak iklan pop-up
  5. Ponsel Anda memiliki aplikasi yang tidak pernah Anda unduh
  6. Terjadi penggunaan data yang tidak dapat dijelaskan
  7. Tagihan telepon yang lebih tinggi tiba

Cara Menghapus Malware dari Perangkat Android

Jika merasa smartphone anda terkena malware, penting untuk segera menghentikannya agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan.

  1. Matikan telepon dan reboot dalam mode aman. Tekan tombol daya untuk mengakses opsi Matikan. Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan opsi untuk memulai ulang dalam Safe Mode. Begini caranya, menurut Google, meskipun Safe Mode dapat berbeda di setiap ponsel: Tekan tombol daya ponsel Anda. Saat animasi dimulai, tekan dan tahan tombol volume bawah ponsel Anda. Tahan hingga animasi berakhir dan ponsel Anda restart. Anda akan melihat "Mode aman" di bagian bawah layar.
  2. Copot pemasangan aplikasi yang mencurigakan. Temukan aplikasi di Pengaturan dan hapus instalan atau tutup paksa. Ini mungkin tidak sepenuhnya menghapus malware, tetapi dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat Anda, atau mengirimkan malware ke perangkat lain di jaringan Anda.
  3. Cari aplikasi lain yang menurut Anda mungkin terinfeksi. Ada kemungkinan beberapa aplikasi telah terinfeksi oleh malware. Jika Anda merasa dapat mengidentifikasi aplikasi tersebut, segera hapus.
  4. Instal aplikasi keamanan seluler yang tangguh di ponsel Anda.

Itulah penjelasan cara menghilangkan  malware android. Sebaiknya jangan menunggu hingga smartphone Anda terinfeksi. Namun mulailah melindungi smartphone anda sebagai prioritas. Menginstal antivirus sangat membantu melindungi smartphone, kompter, tablet, dari serangan malware.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.