Wow! Ternyata Ini Tren-tren yang Menjadi Favorit Gen Z di Instagram
Reels Instagram jadi konten yang paling diminati Gen Z (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 3,2 miliar atau 41 persen penduduk dunia adalah Gen Z, yaitu penduduk yang berusia di bawah 25 tahun. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri, di Indonesia sendiri memiliki 68 juta penduduk Gen Z.

Besarnya jumlah populasi tersebut, Meta merasa Gen Z memiliki peran penting dalam membentuk ekonomi. Berkolaborasi dengan Populix, Meta Indonesia mencoba mempelajari lebih dalam terkait tren-tren di Instagram yang menjadi favorit Gen Z.

Ternyata, survei itu membuktikan bahwa ada tiga hal utama yang paling diminati oleh Gen Z, di antaranya adalah sebagai Koneksi dan Hiburan, Aksi Sosial, dan Identitas Sosial.

Koneksi dan Hiburan

Gen Z melihat Facebook dan Instagram sebagai platform untuk menonton konten yang menghibur sambil terus terhubung melalui percakapan komentar dan Direct Message (DM).

Dari total 2.000 Gen Z yang disurvei,  73 persen dari mereka menyukai konten video dari Reels (video pendek milik Meta). Sisanya, Instagram Story masih disukai Gen Z karena mereka bisa menjalin hubungan dengan teman dekat dan temannya.

Aksi Sosial

Isu sosial menjadi salah satu minat terbesar Gen Z di Instagram, dan selalu menjadi topik yang mereka ikuti. Mereka percaya bahwa mereka bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dan mengatasi kesenjangan sosial melalui aksi-aksi sosial lainnya.

Identitas Sosial

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Gen Z menginginkan konten yang lebih personal, dan lebih spesifik dengan minat yang mereka sukai. Meta sudah mengeluarkan Avatar, sebagai karakter yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan penggunanya.

Tidak cukup sampai disitu, survei juga mengungkapkan bahwa sebanyak 65 persen Gen Z di Indonesia ingin melihat lebih banyak fitur Virtual Reality (VR) di Instagram.