Jangan Unduh Aplikasi Berisi <i>Malware</i> Ini di Google Play Store
Para peneliti baru saja menemukan empat aplikasi membawa malware berbahaya yang dapat diunduh di Google Play Store. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Para peneliti baru saja menemukan empat aplikasi membawa malware berbahaya yang dapat diunduh di Google Play Store.

Pertama kali ditemukan oleh peneliti dari Malwarebytes yang merinci dalam unggahan blog, bagaimana mereka menemukan total empat aplikasi, semuanya dari akun yang sama, aplikasi Mobile Group.

Aplikasi itu meliputi Bluetooth Auto Connect, Driver: Bluetooth, Wi-Fi, USB, Mobile Transfer: Smart Switch, dan Bluetooth App Sender. Semuanya telah diunduh lebih dari satu juta kali, dan jelas semuanya seharusnya menjadi aplikasi utilitas.

Namun, sebenarnya mereka dirancang untuk memberikan pendapatan iklan yang tidak semestinya kepada pengembang, dan terkadang mengelabui calon korban agar mengunduh infostealer, malware atau jenis virus lainnya.

Para peneliti menemukan aplikasi ini membawa HiddenAds, yakni malware yang aktif beberapa hari setelah aplikasi diunduh untuk menyembunyikan aktivitas jahat dengan lebih baik.

Melansir TechRadar, Jumat, 4 November, setelah malware mulai bekerja, ia akan melakukan beberapa hal, seperti membuka tab Chrome baru di latar belakang untuk memuat berbagai iklan.

Bahkan, iklan ini sangat berbahaya, mengklaim perangkat korban terinfeksi virus kemudian mereka akan membutuhkan antivirus di aplikasi segera.

Meskipun Google biasanya cukup cepat dalam menghapus aplikasi semacam itu dari toko aplikasinya, keempatnya masih aktif dan dapat diunduh.

Terlebih lagi, jika perusahaan menghapusnya, itu hanya akan melindungi calon korban di masa depan. Namun, jutaan pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini tidak akan aman kecuali mereka menghapusnya dari perangkat sepenuhnya.

Selain itu, para peneliti juga kerap menemukan aplikasi berbahaya yang ada di repositori aplikasi seluler utama, Play Store dan App Store.

Terlepas dari upaya terbaik Google dan Apple, terkadang aplikasi ini berhasil melewatinya, artinya hanya berada di toko ini tidak menjamin aplikasi tersebut bersih. Pengguna disarankan untuk selalu membaca beberapa ulasan terutama yang negatif, dan mencari aplikasi dengan peringkat tinggi serta jumlah unduhan tinggi.