Roadshow Perdana Apex Legends Mobile Pertemukan Gim Bernuansa Teknologi Futuristik dengan Budaya Nusantara
Roadshow perdana game Apex Legends Mobile bertajuk "Jagad Sandya Legenda", Sabtu, 2 Juli, Jakarta (foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Electronic Arts menggelar roadshow perdana gim Apex Legends Mobile bertajuk "Jagad Sandya Legenda" di M Bloc Space, Jakarta Selatan, pada 30 Juni - 3 Juli 2022. 

Pentas "Jagad Sandya Legenda" ini mempertemukan gim mobile populer bernuansa teknologi futuristik dengan budaya Nusantara dan ciri khas kerajaan Asia Tenggara layaknya Majapahit. 

Ada sebelas wayang yang ditampilkan dalam roadshow ini. Menariknya, wayang-wayang ini bukan tokoh lakon pewayangan konvensional, namun bentuk wayang dari para Legends yang ditampilkan dalam Apex Legends Mobile. 

Sebagai Mobile Publishing and Marketing Manager Indonesia Electronic Arts, Gerry Yulian mengatakan bahwa niat mereka bukan hanya memperkenalkan Apex Legends Mobile ke khalayak sebagai gim battle royale baru, tapi ada tujuan lain setelah itu. 

“Di satu sisi, kami juga ingin mengangkat budaya Indonesia kepada generasi milenial agar tidak terlupakan, salah satunya melalui pewayangan yang sarat akan cerita dan eksotis,” ujar Gerry.

Dalam acara ini, para pengunjung dapat berfoto langsung dengan wayang-wayang yang sengaja khusus dibuat untuk kesempatan ini oleh komikus dan penikmat seni wayang, Is Yuniarto.

Bertemunya  Legenda Tradisi Pewayangan dan Legenda Modern

Is Yuniarto mengatakan, dalam menciptakan wayang-wayang ini, dia mencoba menggabungkan karakter wayang yang identik dengan tradisi dengan karakter komik atau gim yang lebih modern, supaya bisa lebih menyatu dengan generasi muda. 

Is juga mengatakan bahwa dia membutuhkan research sebelum membuat desain wayang Apex Legend ini agar detailnya sempurna. 

"Melakukan research desain, tampak depan, tampak samping, aksesorisnya juga. Karakter gim itu kan 3D, jadi gimana caranya tetap terlihat bagus walau dilihat dari satu sisi. Bahkan siluet juga  bagaimana bisa menampilkan ciri khas masing-masing karakter," jelasnya. 

Is juga mengatakan bahwa dia tidak bisa menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan desain ke-12 karakter itu, karena prosesnya yang cukup kompleks.

Is berharap bahwa nanti selanjutnya, desain yang ditampilkan di roadshow kali ini bisa diwujudkan secara nyata dalam bentuk skin khusus dalam gim Apex Legend Mobile.

"Harapannya semoga ada skin khusus, versi aksesoris atau pakaiannya, bahkan ada karakter baru," ujar Is. 

Acara pesta selebrasi ini juga didatangi cosplayer ternama seperti Elfee, Yoviens, Cyd, Nessa Miko, Pr Pitaloka, dan Kath Cos yang menjadi beragam Legends favorit player seperti Octane, Wraith, dan sebagainya.

Selain itu, dalam roadshow kali ini, ada pertunjukan Wayang yang menjadi acara puncak yang dihadirkan dalam Jagad Sandya Legenda. Pengunjung disuguhkan penampilan wayang kulit kontemporer melalui lakon cerita yang dibuat dan didalangi oleh Ki Bayu Aji Nugraha dari Sanggar Seni Bajran Gupita, Yogyakarta, yang menceritakan perjuangan Legends dari Apex Legends Mobile melawan kebatilan.