Apple Mulai Bersih-bersih Aplikasi yang Ketinggalan Zaman di App Store-nya
Apple dilaporkan akan mengusir aplikasi yang ketinggalan jaman. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan akan mengusir aplikasi yang tidak lagi menerima pembaruan dari pengembangnya di App Store.

Dalam tangkapan layar pada email yang dikirimkan ke pengembang, berjudul "Pemberitahuan Peningkatan Aplikasi", pengumuman itu berisi peringatan tentang Apple akan menghapus aplikasi yang belum diperbarui dalam waktu lama.

Bahkan, Apple hanya memberi waktu pengembang untuk memperbarui aplikasi miliknya selama 30 hari, "Anda dapat membuat aplikasi ini tersedia bagi pengguna baru untuk ditemukan dan diunduh dari App Store dengan mengirimkan pembaruan untuk ditinjau dalam 30 hari," tulis Apple dalam email.

"Jika tidak ada pembaruan yang dikirimkan dalam 30 hari, aplikasi akan dihapus dari penjualan," imbuhnya.

Meskipun Apple akan menghapus aplikasi usang dari App Store, semua aplikasi yang diunduh sebelumnya akan tetap ada di perangkat pengguna.

Pembuat aplikasi, seperti pengembang Protopop Games Robert Kabwe, melalui Twitter-nya menyatakan kecewa terhadap langkah Apple tersebut. Menurut mereka, Apple mengancam akan menghapus permainannya yang berfungsi penuh, Motivoto, karena belum diperbarui sejak Maret 2019.

Sementara, pengembang keyboard FlickType Apple Watch, Kosta Eleftheriou mendapati Apple menghapus versi aplikasinya yang dibuat khusus untuk tunanetra karena tidak diperbarui dalam dua tahun terakhir.

Seperti yang ditunjukkan Eleftheriou dalam tweet-nya, aplikasi Pocket God yang dulu sangat populer memang masih tetap ada di App Store meskipun pengguna menerima pembaruan terakhirnya pada 2015.

Tahu kalau perubahan ini akan membuat sebagian besar pengembang protes dan kecewa, Apple telah menyiapkan jawabannya lebih dahulu melalui laman Peningkatan App Store Apple.

"Kami sedang menerapkan proses evaluasi aplikasi yang berkelanjutan, menghapus aplikasi yang tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, tidak mengikuti pedoman tinjauan saat ini, atau sudah usang," jelas Apple.

Melansir The Verge, Senin, 25 April, sebelumnya pada 2016, Apple memang sudah mengatakan akan mulai menghapus aplikasi yang ditinggalkan dari App Store.

Di saat yang sama, perusahaan juga memperingatkan pengembang bahwa mereka hanya memiliki waktu 30 hari untuk memperbarui aplikasi mereka sebelum dihapus. Keputusan Apple ini diklaim menyangkut kompatibilitas dengan versi iOS terbaru.

Tak hanya Apple, Google melalui Play Store-nya juga mengumumkan akan mulai membatasi visibilitas aplikasi yang tidak menargetkan level API dalam waktu dua tahun dari versi rilis Android utama terbaru.

Pengembang Android memiliki waktu hingga 1 November 2022 untuk memperbarui aplikasi mereka, tetapi juga memiliki opsi untuk mengajukan perpanjangan selama enam bulan ke depan jika mereka tidak dapat memenuhi tenggat waktu.