Penyebab Mobil Matic Tiba-tiba Mati dan Cara Mengatasinya
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penggunaan mobil matic semakin populer di era sekarang karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk mengemudi. Meski lebih praktis dibanding mobil manual, terkadang mobil matic mengalami masalah yang menyebabkan mesin mati secara mendadak. Lantas apa penyebab mobil matic tiba-tiba mati?

Kondisi mobil matic yang mati mendadak tentunya membuat pengemudi panik dan bingung. Apalagi jika hal ini terjadi di tengah perjalanannya atau saat Anda ingin menggunakan mobil untuk kebutuhan penting. Untuk menghindari masalah ini, Anda perlu tahu penyebab mobil matic tiba-tiba mati dan cara mengatasinya. 

Penyebab Mobil Matic Tiba-Tiba Mati

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan mobil matic tiba-tiba mati. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic mati secara mendadak yang perlu Anda tahu:

Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Mobil matic bisa mati tiba-tiba karena adanya masalah pada sistem bahan bakar. Kondisi ini terjadi ketika pompa bahan bakar rusak atau filter bahan bakar mengalami sumbatan. Jika hal ini terjadi, suplai bahan bakar ke mesin akan terhambat. 

Terhambatnya pasokan bahan bakar akan mengakibatkan mobil jadi mati mendadak. Masalah ini bisa diatasi dengan cara memeriksa dan membersihkan filter bahan bakar. Selain itu, Anda juga perlu memastikan pompa bahan bakar berfungsi dengan baik.

Masalah pada Sistem Transmisi Otomatis

Jika mobil matic Anda mati tiba-tiba, faktor lain yang bisa jadi penyebabnya mungkin karena ada masalah pada sistem transmisi otomatis. Mobil matic menggunakan sistem transmisi otomatis dengan teknologi hidrolik atau elektronik untuk mengatur perpindahan gigi. 

Sistem transmisi otomatis bisa saja mengalami permasalahan, seperti kebocoran fluida hidrolik atau kerusakan pada komponen elektronik. Jika mengalami kondisi ini, Anda perlu memeriksa dan memperbaiki sistem transmisi otomatisnya. Anda bisa membawa mobil ke bengkel atau teknisi yang berpengalaman.

Gangguan pada Sensor-Sensor Penting

Penyebab lain yang mungkin mengakibatkan mobil matic mati mendadak adalah karena adanya gangguan pada sensor-sensor penting. Mobil matic modern dibekali dengan berbagai sensor yang berfungsi penting dalam pengoperasian kendaraan. 

Pada beberapa kondisi, bisa saja salah satu sensor pada mobil mati Anda bermasalah. Beberapa sensor yang mungkin terpengaruh meliputi sensor kecepatan, sensor udara,  sensor suhu mesin, dan sensor posisi engkol. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada sensor-sensor tersebut dan mengganti bagian yang rusak. 

Masalah pada Sistem Pengisian Baterai

Faktor lainnya bisa menyebabkan mobil matic tiba-tiba mati adalah karena adanya masalah pada sistem pengisian baterai. Meskipun mobil matic tidak memanfaatkan baterai sebagai sumber tenaga utama penggerak kendaraan, baterai tetap menjadi komponen penting untuk sistem kelistrikan dalam mobil.

Ketika baterai kendaraan lemah atau rusak maka sistem pengapian atau sistem listrik lainnya mungkin tidak dapat bekerja dengan baik. Masalah inilah yang bisa mengakibatkan mobil mati mendadak. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara pengecekan dan penggantian baterai jika diperlukan.

Aki Mobil Rusak

Hal lainnya yang perlu dicek ketika mobil matic mati mendadak adalah bagian aki mobil. Aki mobil yang rusak bisa menyebabkan mobil matic tiba-tiba mogok. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengecek semua lampu indikator di dashboard mobil. Lihat apakah lampu-lampunya menyala atau tidak.

Apabila lampu indikatornya mati, mungkin saja karena aki mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi kabel sekring utama untuk melihat apakah ada kabel yang putus dan harus diperbaiki.

Demikianlah beberapa penyebab mobil matic tiba-tiba mati dan cara mengatasinya. Untuk menghindari masalah ini, pastikan Anda melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala pada komponen-komponen di dalam mobil. Baca juga artikel cara parkir mobil matic yang benar.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.