Keyakinan Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia U-23 Capai Target di Piala Asia U-23 2024
Shin Tae-yong yakin membawa Timnas Indonesia U-23 mengejutkan di Piala Asia U-23 2024 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 mendapat target tinggi di Piala Asia U-23 2024. Mereka minimal bisa lolos ke perempat final atau melangkah lebih jauh hingga semifinal demi peluang tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Perjalanan Garuda Muda langsung menemui tantangan berat di Grup A. Mereka harus bertarung dengan tim kuat, seperti tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Shin Tae-yong sadar betul akan kekuatan lawan-lawannya di fase grup. Dia percaya ketiga negara tersebut punya tim U-23 yang tak kalah kuatnya dibanding tim nasional senior.

"Semua di Grup A merupakan tim kuat, khususnya Qatar dan Yordania. Mereka merupakan juara dan runner-up di Piala Asia 2023," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pada Minggu, 14 April 2024.

Meski demikian, Shin Tae-yong menaruh keyakinan besar bahwa pasukannya bisa melewati Grup A dan menapaki fase gugur.

Dia pun tidak terlalu mempermasalahkan sejumlah pemain yang batal bergabung karena tidak diizinkan klub mengingat Piala Asia U-23 2024 bukan agenda FIFA. Sebut saja Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On.

"Beberapa pemain tidak bisa bergabung. Kemungkinan tim lebih bagus performanya jika ada beberapa pemain tadi."

"Namun, level pemain sudah meningkat. Saya hanya percaya diri kepada pemain dan tim. Kami akan memberikan yang terbaik dengan segala kekuatan," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak asal bicara. Timnas Indonesia U-23 sudah melakukan persiapan dengan menggelar pemusatan latihan di Dubai sejak 1 April 2024.

Selain itu, mereka juga melakoni dua uji coba melawan Arab Saudi (5/4/2024) dan Uni Emirat Arab (8/4/2024). Hasilnya, Garuda Muda takluk 1-3 vs Arab Saudi dan menang 1-0 kontra Uni Emirat Arab.

Shin Tae-yong sudah menyiapkan mentalitas anak asuhnya untuk mencapai target. Dia yakin untuk target terdekat melewati Grup A bisa terwujud.

"Kami menjalani pemusatan latihan dan uji coba melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab di Dubai. Kami mendapatkan pengalaman luar biasa."

"Kepercayaan diri pemain meningkat. Pertandingan tersebut membantu kami, terutama untuk menghadapi semua tim di Grup A."

"Saya sudah lama di Indonesia dan banyak menangani tim. Level performa kami sudah meningkat," tutur Shin Tae-yong lagi.

Qatar menjadi lawan perdana Timnas Indonesia U-23. Laga pembuka Piala Asia U-23 2024 tersebut akan dihelat di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin, 15 April 2024.

Meski tampil sebagai debutan di Piala Asia U-23, Shin Tae-yong tak gentar. Garuda Muda siap memberikan kejutan.

Apalagi, hampir setengah skuad Timnas Indonesia U-23 merupakan pemain berpengalaman yang sudah tampil reguler di tim nasional senior.

Mereka sudah teruji saat Piala Asia 2023 dengan membawa Skuad Garuda lolos fase gugur kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan.

Kemudian, pasukan Timnas Indonesia U-23 juga dihuni pemain-pemain yang dipercaya Shin Tae-yong tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sementara itu, Qatar merupakan tim yang selalu lolos ke Piala Asia U-23 empat edisi terakhir. Mereka hanya melewatkan edisi pertama pada 2013.

Qatar sudah mengoleksi gelar peringkat ketiga (2018) dan peringkat keempat (2016).

Australia malah tak pernah absen di Piala Asia U-23. Mereka juga meraih peringkat ketiga (2020) dan tangga keempat (2022).

Terakhir, Yordania setali tiga uang. Pencapaian terbaik mereka ialah tempat ketiga (2013) dan tak pernah absen di Piala Asia U-23.