16 Besar Liga Champions: Malen Nyaris Menangkan Dortmund, De Jong Selamatkan PSV
Borussia Dortmund gagal menang setelah ditahan PSV Eindhoven di Liga Champions. (X/@BVB)

Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund nyaris menang sebelum bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah PSV Eindhoven di laga pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Philips, Rabu, 21 Februari 2024 dini hari WIB.

PSV menjadi kuda hitam yang menyulitkan Dortmund. Sudah unggul lewat Donyell Malen, namun kemenangan Dortmund akhirnya digagalkan tim Eredivisie Belanda ini lewat penalti Luuk de Jong.

Hasil imbang menjadikan Dortmund gagal memecahkan rekor PSV yang tak pernah kalah selama 31 pertandingan kandang di berbagai kompetisi. Peluang lolos ke perempat final pun tertunda dan bahkan menjadi terbuka bagi kedua tim.

Tim yang merebut tiket ke babak selanjutnya akan ditentukan di laga kedua yang digelar di kandang Dortmund di Signal Iduna Park, 14 Maret 2024 dini hari WIB.

Mesi kecewa dengan hasil itu, namun bek Dortmund Mats Hummels tetap optimistis dengan peluang timnya. Menurut dia Dortmund seharusnya memenangkan pertandingan itu.

"Kami seharusnya bermain lebih tenang di laga tersebut. Kami terpancing dengan atmosfer pertandingan. Padahal saya menilai Eindhoven bisa dikalahkan di pertandingan ini," kata Hummels yang melakukan kesalahan yang berujung penalti sehingga PSV bisa menyamakan kedudukan.

"Kami kurang berhasil dalam penguasaan bola. Di pertandingan kandang, kami harus lebih baik. Saya optimistis kami yang akan lolos," kata pemain tim nasional Jerman ini.

Di pertandingan itu, PSV tampil dengan semangat tinggi menghadapi tim elite Bundesliga Jerman ini.

Apalagi, ini penampilan pertama mereka di babak knockout setelah selalu gagal selama delapan musim sebelumnya. PSV pun berharap bisa lolos ke perempat final untuk kali pertama sejak musim 2006/2007.

Dengan bermain ofensif, PSV mendapat peluang pertama melalui gelandang Malik Tillman. Hanya peluang ekselen itu tak bisa dimaksimalkan karena sepakan Tillman masih melebar.

Meski PSV beberapa kali mendapat peluang, namun Dortmund yang berhasil unggul lebih dulu. Malen yang merupakan mantan pemain PSV sukses membobol gawang tuan rumah di menit 24.

Gol berawal dari aksi Malen yang melewati dua pemain belakang PSV. Pemain yang pindah ke Dortmund pada 2021 ini kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang.

Bola sedikit berbelok arah sebelum menaklukkan kiper Walter Benitez. Keunggulan 1-0 Dortmund itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, PSV yang ingin mengejar defisit gol tetap tampil menyerang. Usaha mereka memang belum membuahkan hasil sampai akhirnya PSV mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Hummels terhadap Tillman di menit 56.

Hummels sesungguhnya berhasil mendapatkan bola, tetapi dia kemudian melakukan pelanggaran. Insiden itu sempat ditinjau lewat VAR sebelum wasit Srdjan Jovanovic (Serbia) menunjuk titik putih.

De Jong mengambil eksekusi itu dan berhasil menuntaskannya. Pemain timnas Belanda ini pun berhasil melewati rekor legenda PSV Ruud van Nistelrooy.

Mantan striker Manchester United ini mengemas sembilan gol di ajang Liga Champions yang menjadikan dia sebagai top skor di PSV.

Tidak ada lagi gol yang tercipta di pertandingan itu. Skor imbang 1-1 menutup pertandingan. Nasib kedua tim pun ditentukan di laga kedua di Dortmund