Shin Tae-yong Ajak Suporter Beri Dukungan Positif dan Doakan Timnas Indonesia Menang Lawan Vietnam
Shin Tae-yong tak masalah Timnas Indonesia tak didukung penuh suporter secara langsung di Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan berjumpa Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat, 19 Januari 2024.

Shin Tae-yong yakin Skuad Garuda bisa berbicara banyak di Piala Asia 2023 meski tanpa dukungan penuh pencita sepak bola Indonesia.

Meski demikian, bukan berarti Timnas Indonesia tampil di bawah tekanan karena tanpa dukungan suporter.

Hal itu berbeda dengan edisi 2007 yang didukung penuh suporter ketika terakhir kali Skuad Garuda tampil di Piala Asia dan menjadi salah satu tuan rumah.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan pasukannya sekarang sudah memiliki mentalitas kuat dan tak tertekan bertanding di mana pun.

"Itu (menjadi tuan rumah Piala Asia 2007) sudah sekitar 16 tahun lalu. Itu terakhir kali Indonesia berpartisipasi di Piala Asia serta menjadi host bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Tentunya, mendapat privilese karena menjadi tuan rumah," ujar Shin Tae-yong.

"Namun, saya pikir tim-tim di ASEAN sudah berkembang pesat sekarang. Timnas Indonesia, saya pikir, sudah lebih kuat menghadapi Vietnam. Kami bekerja keras dan punya mentalitas lebih kuat agar bisa mendapat hasil bagus," katanya.

Lebih lanjut, keyakinan Shin Tae-yong terhadap anak asuhnya ingin ditularkan kepada para suporter Indonesia. Dia ingin fans Timnas Indonesia juga memberikan dukungan positif dan mendoakan tim mendapat hasil maksimal.

"Untuk para fans, marilah berharap Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil bagus (melawan Vietnam)," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia punya target lolos fase gugur Piala Asia 2023. Dua laga sisa melawan Vietnam dan Jepang harus dimaksimalkan setelah gagal mendulang poin di laga perdana Grup D melawan Irak.