4 Olahraga untuk Wanita Menopause, Efektif Bakar Lemak dan Cegah Kenaikan Berat Badan
Ilustrasi olahraga untuk wanita Menopause (Foto: Pixabay/Erak007)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wanita yang sudah menginjak masa menopause sangat rentan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena menopause dapat membuat kadar estrogen menjadi rendah sehingga mengubah kesimbangan leptin dan ghrelin, dua hormon yang bertanggung jawab untuk mengelola rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan. Untuk mencegah kenaikan berat badan secara signifikan, wanita menopause perlu rutin berolahraga. Lantas, apa olahraga untuk wanita menopause? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Olahraga untuk Wanita Menopause

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 30 Desember 2023, berikut deretan olahraga yang cocok untuk wanita menopause:

1. Olahraga kardio

Pilihan olahraga untuk wanita menopause yang pertama adalah latihan kardio. Aktivitas fisik ini bertujuan untuk memompa darah dari jantung dan paru-paru supaya detak jantung meningkat hingga mencapai titik maksimal pembakaran lemak dan kalori.

Adapun jenis olahraga kardio yang cocok dilakukan oleh wanita yang sudah menginjak masa menopause antara lain:

  • Berjalan
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Renang
  • Senam aerobik.

2. Latihan kekuatan

Olahraga untuk wanita menopause yang kedua adalah latihan fisik. Diketahui, wanita yang sedang mengalami menopause cenderung menyimpan lebih banyak lemak perut dan kehilangan massa otot.

Nah, untuk memangkas lemak di perut dan mengencangkan otot, wanita menopause bisa melakukan berbagai jenis latihan kekuatan, seperti angkat beban, naik turun tangga, hingga plank.

Selain mengencangkan otot dan memangkas lemak di perut, latihan kekuatan juga menurunkan risiko terjadinya osteoporosis yang membuat tulang rusak.

3. Yoga dan meditasi

Yoga dan meditasi juga dapat dijadikan sebagai pilihan olahraga untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Teknik relaksasi ini dapat menenangkan saraf dengan cara memusatkan pikiran dan meringankan gejala-gekala dari menopause, seperti hot flashes, sifat mudah marah, dan kelahahan.

Menurut sebuah riset, wanita menopause yang melakukan yoga selama delapan pekan menunjukkan penurunan signifikan dalam kondisi tubuh mereka. Rsa panas tubuh dan keringat di malam haari menurun gejalanya.

Tak hanya itu, yoga juga dapat memperbaiki fungsi kognitif pada wanita menopause dengan menekan pada pernapasan yang tepat, pernapasan berirama dengan gerakan tubuh, relaksasi dan mengistirahatkan pikiran.

4. Zumba

Pilihan olahraga untuk wanita menopause yang terakhir adalah zumba. Olahraga ini dilakukan dengan sekelompok orang, sehingga Anda tidak akan mudah osan.

Gerakan zumba dilakukan dengan menggabungkan salsa, merengue, dan musik yang terinspirasi dari latin.

Latihan zumba sangat efektif untuk membakar kalori. Selain itu, olahraga ini juga dapat melatih otot-otot di tubuh krena semu anggota tubuh bergerak saat melakukannya.

Demikian informasi tentang olahraga untuk wanita menopause. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.