Apakah Olahraga Bisa Menghilangkan Jerawat? Simak Fakta dan Tipsnya
Ilustrasi Jerawat (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga memang sangat berguna untuk tubuh. Namun pernahkah muncul pertanyaan, apakan olharaga bisa menghilangkan jerawat di wajah?

Seperti diketahui, jerawat bisa muncul di wajah kapan saja dan mengganggu kecantikan Anda. Kondisi tersebut disebababkan karena berbagai hal mulai dari peningkatan hormon stres, kebersihan yang tak dijaga dengan baik, dan sebagainya.

Apakah Olahraga Bisa Menghilangkan Jerawat

Di sisi lain olahraga memang cukup baik dalam menanggulangi adanya peningkatan hormon stres. Artinya, memang ada kemungkinan bahwa olahraga mampu mengurangi jerawat, namun tidak semua jerawat bisa dicegah dengan olahraga.

Kegiatan olahraga fisik mampu membantu menyeimbangkan gula dalam darah yang jadi penyebab munculnya minyak di kulit. Selain itu olahraga juga membantu mengeluarkan hormon pemicu rasa senang, berenergi, dan sebagainya.

Selain itu olahraga juga membantu meningkatkan peredaran darah ke selurh tubuh sehingga oksigen dapat disebarkan dengan baik, termasuk ke kulit. Saat itu terjadi, kulit akan semakin sehat.

Meski demikian ternyata penting untuk memilih jenis olahraga atau aktivitas yang tepat demi membantu mencegah atau mengurangi jerawat di wajah. Tips memilih olahraga yang membantu mencegah jerawat adalah memilih kegiatan yang disukai.

Ada beberapa olahraga yang disarankan untuk kulit berjerawat yakni olahraga lari, berenang, dan bersepdea. Selain itu jenis olahraga permainan lain juga bisa dilakukan yakni olahraga sepak bola, voli, hingga tenis.

Tips Olahraga untuk Mencegah Jerawat

Kebiasaan yang dilakukan selama melakoni olahraga ikut menentukan kondisi jerawat apakan makin parah atau bisa berkurang. Berikut ini tips olahraga demi mencegah jerawat.

  1. Gunakan Pakaian Bersih dan Nyaman

Jerawat bisa muncul karena penggunaan baju atau handuk keringat yang kurang bersih. Untuk menghindarinya usahakan pilih kostum olahraga dan handuk lembut nan bersih.

  1. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Aktivitas olahraga membuat tubuh berkeringat. Untuk mengganti cairan yang hilang Anda harus mengonsumsi air putih cukup.

  1. Jangan Kenakan Makeup

Hindari menggunakan makeup saat olahraga. Pasalnya, makeup akan mmbuat pori-pori wajah tertutup sehingga makeup justru mengotori wajah. Saat itu terjadi, jerawat sangat mungkin muncul.

  1. Jangan Gunakan Krim Rambut

Saat olahraga, keringat juga akan muncul di kepala yang ditumbuhi rambut. Keringat akan membuat krim rambut mengalir ke wajah hingga membuat area tertentu jadi kotor.  Hal itu bisa jadi pemicu munculnya jerawat.

  1. Pastikan Alat Gym Bersih

Saat Anda berolahraga di tempat gym umum pastikan peralatan yang tersedia bersih. Saat peralatan kotor otomatis akan membuat telapak tangan Anda ikut kotor. Telapak tangan jadi pintu gerbang bakteri untuk mencapai wajah hingga memicu jerawat.

  1. Imbangi dengan Pola Hidup Sehat

Jerawat bisa muncul karena banyak faktor, mulai dari makanan, tingkat stres, dan masih banyak lagi. Saat Anda ingin menghilangkan jerawat dengan olahraga harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

Selain terkait apakah olahraga bisa menghilangkan jerawat, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.