Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Jalani Laga Sulit, tapi Penuh Percaya Diri
Timnas Indonesia menjalani latihan fisik di Irak (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan mempertemukan Timnas Indonesia versus Irak pada Kamis, 16 November 2023, pukul 21.45 WIB, di Basra International Stadium.

Laga ini akan diprediksi berjalan sulit untuk Tim Garuda. Meski begitu, anak asuh Shin Tae-yong melambungkan kepercayaan diri tinggi. 

Tampil di kandang lawan tak membuat mereka ciut nyali. Motivasi memaksimalkan laga perdana babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi acuan.

Tengok saja Egy Maulana Vikri yang langsung mengusung misi kemenangan. Keyakinan itu bukan tanpa dasar. Ia melihat usaha yang selama ini dilakukan tim pantas berhadiah tiga poin. 

Sejauh ini, selain menjalani latihan persiapan di Irak, Skuad Garuda juga turut mempelajari cara bermain lain. Hal itu sebagai upaya meredam kekuatan tuan rumah saat bentrok di lapangan.

“Kami telah melihat video pertandingan Irak sebelumnya. Mereka adalah tim yang sangat bagus, tapi kami datang ke sini untuk menang,” kata Egy Maulana Vikri di laman resmi PSSI.

Selain itu, pemain Dewa United tersebut menuturkan bahwa sang pelatih, Shin Tae-yong, sudah memberikan arahan dan instruksi bagaimana meredam permainan Irak untuk merebut tiga poin.

Ia pun sadar bahwa melawan tim peringkat ke-68 dunia itu adalah hal sulit. Namun, ia tetap optimistis Merah-Putih dapat membawa pulang kemenangan di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Kami akan bekerja keras bersama, bahu-membahu sesuai arahan pelatih. Pelatih sudah memberi tahu kami beberapa taktik bagaimana nanti menghadapi dan mengalahkan Irak. Akan menjadi laga yang sulit, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tapi kami datang untuk meraih kemenangan,” tutupnya.

Ya, pendekatan Shin Tae-yong memang ditujukan untuk meraup poin sempurna meski ada pemain andalannya yang absen. Sebtu saja Marcelino Ferdinan yang harus absen karena masih dalam pemulihan cedera.

Namun, kondisi itu bukan hambatan. Shin Tae-yong memiliki skuad dalam setiap lini yang dihuni pemain-pemain berkualitas. Total, ia membawa 25 pemain.

Sementara itu, kubu tuan rumah juga menatap laga ini dengan modal bagus setelah melewati dua laga uji coba terakhir melawan Yordania dan Qatar pada Oktober 2023.

Pada kedua partai tersebut, Irak, yang dikenal sebagai Singa Mesopotamia, berhasil bermain seri di waktu normal.

Melawan Yordania (peringkat ke-82) dan Qatar (peringkat ke-61) membuat Irak mendapat suntikan mental. Mereka merasa cukup untuk menghadapi Indonesia yang berada di peringkat ke-145.

Dalam pertandingan melawan Indonesia nanti, Irak dipastikan akan menurunkan skuad terbaiknya. Singa Mesopotamia bertekad meraih poin penuh di kandang sendiri.

Kiper berusia 32 tahun dan kapten tim, Jalal Hassan, akan menjadi salah satu andalan Irak. Bek Merchas Doski dari FC Slovacko, klub yang bermain di kompetisi level tertinggi Ceska, juga akan turut memperkuat pertahanan.