10 Tips Berenang untuk Penderita Asma
Ilustrasi penderita asma (Thirdman/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski secara terbatas, penderita penyakit asma masih diperbolehkan berenang asal mempertimbangkan banyak hal. Asma juga bagus sebagai salah satu metode penyembuhan asma. Artikel berikut ini akan memberikan tips berenang untuk penderita asma.

Tips Berenang untuk Penderita Asma

Dikutip dari AI Care, asma adalah gangguan kesehatan yang berupa penyempitan dan pembengkakan pada saluran udara hingga memicu lendir berlebih. Biasanya penderita asma akan mengalami sulit napas, batuk, sesak, hingga memicu suara saat mengembuskan napas.

Kondisi asma yang berpengaruh pada pernapasan membuat penderitanya harus berhati-hati saat berenang. Berikut ini beberapa tips berenang khusus penderita asma.

  1. Konsultasi ke Dokter

Sebelum memutuskan untuk berenang, penderita asma disarankan untuk berkonsultasi ke dokter langganan. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan saran terbaik untuk meminimalisir dampak negatif saat penderita asma berenang.

  1. Pemanasan

Pemanasan harus dilakukan sebelum berenang. Kegiatan ini akan membantu otot tubuh lebih lentur dan menghindari risiko kram otot saat berenang.

  1. Hindari Kolam Kotor atau Bercampur Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia memang sering dipakai untuk membersihkan kolam renang. Di sisi lain, penderita asma cukup sensitif dengan kondisi air yang kotor atau terkena bahan kimia pekat. Kedua kondisi akan memicu serangan asma makin parah.

  1. Basahi Tubuh dengan Air Suhu Ruangan

Membasahi tubuh dengan air akan membantu adaptasi lebih cepat. Perlu diketahui, asma bisa kambuh dalam kondisi dingin. Namun jika tubuh sudah beradaptasi, gejala asma bisa diminimalisir dengan baik.

  1. Sedia Inhaler dan Pendamping

Alangkah baiknya penderita asma tak berenang sendiri untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal buruk di air jika sewaktu-waktu asma kambuh. Selain itu letakkan inhaler di tempat yang mudah dijangkau, bisa berada di bagian pinggir kolam.

  1. Berenang saat Tubuh Fit

Penderita asma boleh berenang asal tubuh sedang fit dan sehat. Gejala asma berpotensi kambuh saat tubuh sedang tak enak badan atau flu.

  1. Jangan Terlalu Lama Menghabiskan Waktu di Air

Meski diperbolehkan berenang, penderita asma tetap harus membatasi durasi berenang. Jangan terlalu lama berada di dalam air. Lakukan olahraga renang secukupnya saja.

  1. Hindari Kelelahan

Olahraga renang kadang cukup melelahkan hingga berpengaruh pada kesehatan penderita asma. Anda boleh berenang dengan saran tidak memforsir tenaga.

  1. Lakukan Pendinginan

Pendinginan setelah berenang dilakukan dengan beberapa gerakan ringan. Pendinginan berguna untuk menjaga otot tetap sehat.

  1. Mandi dan Bilas Bersih

Penderita asma biasanya cukup sensitif dengan kotoran dan suhu dingin. Setelah berenang, penderita asma disarankan untuk mandi untuk menghilangkan kotoran dan zat kimia yang ada di tubuh. Selain itu mandi setelah berenang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan suhu ruangan.

Itulah tips berenang untuk penderita asma. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.