Jenis-Jenis Raket Badminton dan Kelebihannya, Harus Disesuaikan dengan Gaya Bermain
Jenis raket badminton (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemain bulu tangkis perlu tahu jenis-jenis raket badminton saat akan membeli maupun menggunakannya. Setiap jenis raket memiliki perbedaan dari segi keseimbangan, bentuk kepala, hingga genggamannya. Para pemain harus memilih raket yang sesuai dengan kebutuhan atau gaya bermainnya. 

Setiap pemain badminton memiliki gaya bermain yang berbeda-beda, sehingga raket yang digunakan pun harus mendukung. Sebab ada raket yang didesain untuk pukulan keras (smash), pukulan drive atau cepat, netting, hingga drop shot. Lantas apa saja jenis-jenis raket badminton yang harus diketahui sebelum main bulu tangkis?

Jenis-Jenis Raket Badminton

Terdapat tiga jenis raket badminton yang dibedakan berdasarkan tingkat keseimbangannya, yaitu head light, head heavy, dan even balance. 

Raket Head Light

Raket head light didesain dengan bagian pegangan yang lebih berat daripada bagian kepala. Raket jenis ini cocok untuk gaya bermain menyerang dan cepat seperti pemain ganda atau pemain yang kerap melakukan drive.

Raket ini juga ideal bagi pemain yang memiliki kekuatan otot lengan dan pergelangan yang kuat. Dengan tenaga tangan yang kuat dibarengi pegangan berat, maka raket ini akan memberikan pukulan yang keras untuk smash.

Raket Head Heavy

Raket head heavy didesain dengan bagian kepala yang lebih berat dibandingkan bagian pegangan maupun rangka tengah. Jenis raket ini sangat mendukung digunakan pemain yang mengandalkan power atau kekuatan.

Raket jenis ini cocok bagi pemain yang memiliki kekuatan pergelangan tangan dan otot lengan. Raket ini sangat menunjang untuk melakukan pukulan smash maupun bola-bola jauh seperti loop dan droshot menyilang.

Raket Even Balance

Raket even balance didesain dengan berat yang seimbang antara bagian kepala dan pegangan raket. Raket jenis ini menghadirkan kekuatan yang seimbang antara pukulan dan kemampuan manuver saat bermain. Raket ini cocok digunakan untuk gaya bermain bertahan dan sesekali melancarkan serangan tiba-tiba maupun tipuan.

Jenis Raket Badminton Berdasarkan Bentuk Kepala

Raket badminton juga dibedakan berdasarkan bentuk kepalanya. Ada dua jenis bentuk kepala raket, yaitu isometrik (kotak) dan konvensional (oval). Bentuk kepala raket sangat mempengaruhi sweet spot atau titik yang memberikan kekuatan pantulan ketika shuttlecock dipukul. 

Raket Badminton Kotak

Raket badminton dengan kepala berbentuk kotak atau isometrik memiliki sweet spot lebih luas atau lebar. Raket jenis ini dapat meminimalisir risiko miss hit atau pukulan meleset maupun shuttlecock mengenai frame. Namun pukulan raket ini tidak sekuat pada raket dengan kepala berbentuk oval.

Raket Badminton Oval

Raket badminton dengan kepala berbentuk oval memiliki sweet spot yang lebih kecil dibandingkan raket isometrik. Namun raket ini memiliki kelebihan yakni memberikan pukulan atau pantulan yang lebih kuat saat shuttlecock dipukul. Tenaga pukulan lebih kuat karena sweet spot lebih terpusat. 

Jenis Raket Badminton Berdasarkan Beratnya

Berat pada raket badminton ditandai dengan huruf ‘U’ yang ditambahi dengan angka. Setiap jenis raket memiliki perbedaan berat, yang semakin tinggi angkanya maka bobotnya lebih ringan. 

Berikut ini perbedaan berat dalam raket badminton yang perlu Anda tahu:

  • U : 95-99 gr 
  • 2U: 90-94 gr 
  • 3U: 85-89 gr 
  • 4U: 80-84 gr 
  • 5U: 75-79 gr 
  • 6U: 70-74 gr

Raket dengan berat lebih ringan kerap dipakai oleh pemain tunggal. Sebab gerakan yang dilakukan oleh pemain tunggal saat beraksi tidak lebih cepat dari pemain ganda. Pemain ganda membutuhkan raket yang lebih ringan untuk melakukan gerakan yang cepat. 

Jenis Raket Badminton Berdasarkan Grip

Grip adalah istilah untuk pegangan pada raket badminton. Pegangan raket bulu tangkis ditandai dengan simbol huruf ‘G’, yang artinya ukuran panjang pegangan raket. Berikut ini daftar ukuran pegangan grip raket badminton:

  • G1: 4 in 
  • G2: 3.75 in 
  • G3: 3.5 in 
  • G4: 3.25 
  • G5: 3 in 
  • G6: 2.75

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis raket badminton yang perlu diketahui sebelum bermain bulu tangkis. Pemain bulu tangkis perlu memilih raket yang sesuai dengan kebutuhan atau gaya bermainnya agar bisa beraksi dengan optimal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.