Profil Ramadhan Sananta, Pemain Timnas yang Berjasa Harumkan Indonesia di SEA Games 2023
Pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta. (Twitter/@PSSI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Ramadhan Sananta tengah jadi sorotan. Pasalnya, salah satu pemain Timnas Indonesia itu jadi sosok yang berjasa mengharumkan Indonesia di kancah dunia.

Seperti diketahui, Ramadhan Sananta berhasil mencetak gol di babak pertama saat Indonesia melawan Thailand dalam ajang SEA Games 2023. Lalu, siapa sebenarnya Ramadhan Sananta?

Profil Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta adalah pesepak bola Indonesia yang lahir pada 27 November 2002 di Lingga, Kepulauan Riau. Karier sepak bolanya dimulai saat ia bergabun di sekolah sepak bola Asians Schools Football pada tahun 2019. Ia kemudian memutuskan bergabung dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kepulauan Riau. Di PPLP ia bermain sepak bola selama dua tahun.

Karier sepak bola Ramadhan Sanata sendiri dimulai pada tahun 2021, kala itu ia jadi salah satu pemain yang membela klub sepak bola Liga 3, PS Harjuna Putra. Di klub tersebut penampilannya cukup mencolok karena sukses mengoleksi 9 gol dari 12 penampilannya.

Penampilan Ramadhan Sanata yang baik kemudian membawanya bermain di klub Liga 1, Persikabo 1973. Sayangnya di klub tersebut ia tak mendapatkan banyak kesempatan untuk unjuk kebolehan. Di klub tersebut ia hanya bermain empat kali.

Meski penampilannya tak banyak dipakai di Pesikabo, potensi Ramadhan Sanata tak bisa disembunyikan. Pada bulan Mei 2022 ia ditarik PSM Makassar dan mendapat kontrak selama satu musim. Di posisinya sebagai penyerang, Ramadhan Sanata berhasil menorehkan sebanyak 11 gol. Bahkan, ia jadi menjadi top skor PSM menyamai pencapaian Wiljan Pluim.

Kegemilangan Ramadhan Sanata ternyata menarik perhatian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Bulan September 2022 ia dipanggil untuk memperkuat skuad Garuda saat melawan Curacao pada FIFA Matchday September 2022.

Nama Ramadhan Sanata terus diperhitungkan hingga ia pun kembali membela timnas Garusda di Piala AFF 2022. Di kesempatan tersebut ia berhasil mencetak 1 gol saat melawan timnas Brunei Darussalam.

Di SEA Games 2023, Ramadhan Sanata bergabung dengan U-22. Saat final melawan Thailand, ia berhasil mengkoleksi 2 gol.

Selain terkait profil Ramadhan Sananta, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.