Misi Repsol Honda Menjaga Dominasi di MotoGP Amerika Tanpa Marc Marquez
Pebalap cadangan Repsol Honda, Stefan Bradl. (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Repsol Honda sudah mengumumkan Marc Marquez tak akan membalap di MotoGP Amerika Serikat, Austin, akhir pekan ini. Tim pabrikan asal Jepang itu pun sudah menunjuk penggantinya.

Repsol Honda memastikan Joan Mir akan ditemani Stefan Bradl saat balapan di Sirkuit COTA, Austin. Mereka berharap diharapkan bisa mengulangi dominasinya seperti di masa lalu, meskipun tanpa Marquez.

Sirkuit sepanjang 5,51 kilometer ini sebelumnya menjadi tempat yang menyenangkan bagi RC213V. Marquez meraih tujuh kemenangan di Austin dan tak terkalahkan dari 2013 hingga 2018.

Mir pun mencapai hasil terbaiknya pada 2022 saat berada di GP Amerika. Pebalap asal Spanyol itu menghabiskan waktu setidaknya sepekan untuk memulihkan diri dari dampak kecelakaan saat sprint race di Argentina.

Pebalap dengan nomor #36 itu bertekad untuk kembali melanjutkan adaptasinya ke Honda RC213V dalam waktu dekat, dengan jarak tempuh balap sebagai kunci untuk peningkatan lebih lanjut.

Di sisi lain, Marquez terus fokus pada pemulihan tangan kanannya yang cedera dan akibatnya akan absen di GP Austin. Bradl yang merupakan Honda HRC Test Rider, akan menggantikannya.

Balapan terakhir Bradl di Austin adalah pada 2016. Pada tahun 2014 ia mulai dari barisan depan, di belakang Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat RC213V mengunci posisi tiga besar.