SportCast: Gregoria Mariska Tunjung, Pencinta Film Semua Genre
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung saat ini masih menjadi andalan Indonesia di berbagai kompetisi penting.

Atlet dengan nama lengkap Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih itu masuk pusat pelatihan nasional (Pelatnas) Cipayung sejak 2013 lalu.

Ia memulai kariernya bersama PB Mutiara Cardinal Bandung, Jawa Barat, sebelum dipanggil Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Setelah empat tahun menjalani latihan di Pelatnas, Gregoria pun langsung memberikan hasil terbaik, yakni keluar menjadi juara pada Kejuaraan Dunia Junior 2017 yang berlangsung di Yogyakarta.

Gelar itu mengobati kerinduan Indonesia setelah 25 tahun selalu gagal menjadi juara di ajang junior dunia ini. Sejak itu, Gregoria pun masuk tim senior Pelatnas dan posisinya hampir tidak tergantikan.

Sebagai tunggal putri andalan, atlet kelahiran Wonogiri yang saat ini menempati peringkat ke-14 dunia itu, tentu begitu disibukkan dengan jadwal latihan yang padat.

Oleh karena itu, ketika ada waktu luang biasanya ia betul-betul memanfaatkannya dengan baik. Salah satunya adalah menonton film.

"Saya suka film apa saja. Jadi, nggak milih-milih genre apa, yang penting bisa nonton," kata atlet yang saat ini berusia 23 tahun tersebut.

Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Instagram/@gregoriamrska)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Instagram/@gregoriamrska)

Lantas seperti apa aktivitas yang sering dilakukan Gregoria di sela-sela waktu luangnya di Pelatnas? Berikut ini petikan wawancara wartawan VOI Cosmas Kopong Beda dengan Gregoria:

Ketika di luar Pelatnas, kamu biasanya mengisi waktu luang dengan aktivitas apa?

Kalau aku biasanya mengisi waktu luang dengan nonton film atau apa pun yang mungkin bisa series-series apa saja yang ada di aplikasi film.

Selain itu, ada kegiatan lain yang kamu lakukan untuk healing?

Biasanya yang aku jalani adalah hangout dengan teman-teman atau dengan keluarga. Ke mana saja yang bisa menghibur setelah waktu terbanyak berada di Pelatnas.

Apa sih hobi yang lazim kamu lakukan di waktu luang saat di Pelatnas?

Kalau waktu senggang di saat hari-hari latihan paling nonton film dan dengar musik. Kalau hobi lain dijalani juga sudah pasti capek sebab kami latihan dua kali sehari.

Boleh spill film apa saja?

Saya suka film apa saja. Jadi, nggak milih-milih genre apa, yang penting bisa nonton.

Kalau nonton film di bioskop biasanya sama pacar atau sama siapa?

Saya keseharian di asrama. Jadi, lebih banyak nonton sendiri di handphone. Kalau ketemu pacar, ya paling hari Minggu sekalian ke gereja.

Selain film kamu katanya juga suka baca buku, bener nggak sih?

Ya, baca, terutama novel, tapi belakangan sudah jarang baca karena kadang sudah keduluan capek. Jadi, bawaan malas.

Bulu tangkis bukanlah satu-satunya olahraga yang ditekuni tunggal putri andalan Merah Putih ini. Dia mengaku sering melakukan olahraga renang.

Namun, dia tak mengkategorikan olahraga itu sebagai hobi. Pasalnya, itu dia lakukan untuk keperluan pemulihan.

Lalu bagaimana dengan olahraga sepak bola? Ini jawaban Gregoria.

Gregoria dikenal sebagai pemain bulu tangkis tenar, sebenarnya ada olahraga lain yang jadi hobi kamu?

Palingan renang karena renang lumayan membantu pemulihan. Jadi, biasanya setelah latihan, saya renang. Namun, itu bukan hobi melainkan keperluan untuk pemulihan saja.

Kalau sepak bola, kamu suka nonton juga?

Kalau bola tidak begitu suka. Cuma senang nonton Piala Dunia, tapi tidak terlalu mengikuti juga. Kalau nonton pun, ya, palingan semifinal atau final saja.