7 Syarat Menjadi Wasit Bola Voli Beserta Tugasnya
Ilustrasi (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang populer di Indonesia. Sama seperti cabang olahraga lainnya, setiap pertandingan bola voli selalu dipimpin oleh wasit

Menurut Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), jumlah wasit dalam permainan bola voli berjumlah lima orang, terdiri dari wasit utama, wasit kedua, pencatat angka, serta dua orang hakim garis.

Nah, supaya pertandingan dapat berjalan dengan fair, ada sejumlah syarat menjadi wasit bola voli yang harus dipenuhi. Lantas, apa saja syarat-syarat tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Syarat Menjadi Wasit Bola Voli

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 18 Februari 2023, ada beberapa syarat menjadi wasit bola voli, antara lain:

  • Sehat secara jasmani dan rohani, juga mempunyai badan normal.
  • Mempunyai ketertarikan pada permainan bola voli.
  • Seseorang juga harus mempunyai bakat menjadi seorang wasit.
  • Berpendidikan serendah-rendahnya lulusan SMA atau sederajat
  • Berdedikasi yang tinggi.
  • Berumur antara 20 sampai dengan 40 tahun.
  • Menjadi anggota dari salah satu perkumpulan bola voli.

Selain wajib memenuh persyaratan di atas, seorang wasit bola voli juga harus mengenakan atribut yang sesuai dengan ketentuan selama memimpin pertandingan.

Atribut ini dikenakan untuk memberi kemudahan pada waktu wasit sedang bertugas sekaligus membedakannya dengan pemain yang bertanding. Syarat atribut yang harus dipakai, yakni:

  • Mengenakan kaus berkerah dan celana, bukan jersey voli seperti pemain.
  • Memakai sepatu karet berwarna putih.
  • Memakai badge wasit yang sesuai dengan klasifikasinya.
  • Membawa dan memakai peluit

Peluit digunakan untuk memberi aba-aba tertentu. Dengan demikian, atensi para pemain bisa difokuskan ke wasit sebagai pemimpin jalannya pertandingan.

Tugas Wasit Bola Voli

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, wasit bola voli berjumlah lima orang dalam setiap pertandingan, terdiri dari wasit utama, wasit kedua, pencatat angka, dan dua hakim garis. Tugas setiap anggota perangkat pertandingan atau wasit ditentukan oleh peraturan permainan bola voli dari FIVB sebagai berikut:

  1. Wasit Utama

Wasit utama adalah perangkat pertandingan yang berdiri di sisi lapangan dekat net dengan menghadap ke pencatat angka.

Segala keputusan yang tidak dapat diganggu gugat dalam pertandingan bola voli merupakan keputusan dari wasit utama atau first referee. Keputusan tersebut berkaitan dengan terciptanya sebuah angka, tim yang mendapat giliran servis, atau menentukan terjadinya pelanggaran.

  1. Wasit Kedua

Posisi wasit kedua dalam pertandingan bola voli, berdiri membelakangi pencatat angka di sisi lapangan dekat net atau berseberangan dengan wasit utama.

Wasit kedua bertugas mengawasi terjadinya pelanggaran berkaitan dengan posisi pemain, wilayah permainan, dan ruang di bawah net.

Wasit kedua bisa memberikan masukan kepada wasit utama apabila melihat kontak bola dengan permukaan lapangan dengan pandangan yang lebih jelas.

Sebagai asisten wasit utama, wasit kedua bertanggung jawab mengawasi bangku cadangan serta menerima permintaan time out atau pergantian pemain.

  1. Pencatat Angka

Pencatat angka atau scorer bertugas di meja khusus di area pinggir lapangan, berseberangan dengan wasit utuma.

Scorer bertugas merekam terjadinyaa poin dari masing-masing tim, giliran servis, pergantian pemain dan hasil akhir permainan.

Scorer juga bisa melaporkan kejadian di sekitar lapangan yang dapat menganggu jalannya pertandingan kepada wasit kedua hingga wasit utama.

  1. Hakim Garis
hakim garis permainan bola voli
Ilustrasi wasit hakim garis permainan bola voli (Foto: TaniaVdB/Pixabay)

Hakim garis yang jumlahnya dua orang bertugas di tiap ujung lapangan dan berdiri secara diagonal sejauh 1 hingga 2 m dari pojok garis tepi wilayah permainan.

Setiap hakim garis dibekali bendera berukuran 40 x 40 cm sebagai penanda terjadinya angka atau pelanggaran dari seorang pemain maupun regu.

Hakim garis bertugas menentukan tempat jatuhnya bola di lapangan permainan, adanya kontak pemain dengan bola sebelum menuju keluar wilayah pertandingan, dan posisi kaki seorang server.

Demikian informasi tentang syarat menjadi wasit bola voli beserta tugas-tugasnya. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.