Cara Melatih Otot Lengan tanpa Barbel, Tak Harus Fitnes ke Gym Setiap Hari
Ilustrasi push-up (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebenarnya ada banyak cara melatih otot lengan tanpa harus fitnes ke gym. Kuncinya adalah Anda melakukan latihan yang benar dan tepat, sekaligus konsisten. Cara yang tepat dengan konsistensi yang baik akan memberikan hasil yang memuaskan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Cara Melatih Otot Lengan

Pada intinya, melatih otot lengan dilakukan dengan berlatih angkat beban. Alat yang tersedia di gym hanya memudahkan Anda untuk melatih otot dengan alat beban yang baik. Namun bukan berarti Anda tak bisa melakukan latihan tersebut secara mandiri. Untuk membentuk dan melatih otot lengan atas maupun bawah, lakukan beberapa gerakan berikut ini di rumah.

  1. Push-up

Push up adalah gerakan yang bisa melatih otot lengan dengan memanfaatkan beban tubuh Anda. Push up juga jadi salah satu gerakan kalistenik

Meski sederhana, push up bisa jadi metode latihan untuk membentuk otot lengan.  Selain itu bagian tubuh lain seperti perut, paha, dan pantat juga akan terbentuk.

Cara push up adalah dengan tengkurap, tumpukan beban tubuh pada lengan yang terbuka selebar bahu. Punggung dan kaki harus tetap lurus.

  1. Half-moon Rotation

Half-moon Rotation bisa membantu membentuk otot pada lengan atas. Cara melakukannya juga sangat sederhana, Anda cukup berdiri, buka kaki selebar bahu. Rentangkan tangan ke samping kanan-kiri dengan posisi jari dan telapak tangah kea rah bawah.

Setelah itu putar telapak tangah ke arah depan dan belakang sampai telapak menghadap ke arah atas. Gerakan ini menyerupai gerakan baling-baling. Lakukan gerakan ini secara teratur.

  1. Plank

Manfaat plank tidak hanya mengencangkan otot perut namun juga membentuk otot lengan. Cara melakukan plank adalah seperti push-up. Lebarkan tangah selebar bahu, dan buka kaki sekebar pinggang.

  1. Bear Crawls

Cara melakukan bear crawls adalah seperti plank, yakni dengan tengkurap dan mengangkat tubuh dengan tumpuan tangan dan ujung kaki. Posisi punggung harus lurus. Gerakkan tangan kanan dan kaki kiri ke arah depan. Lakukan gerakan ini bergantian dengan bagian tangan dan kaki yang lain. Anda akan merasakan otot tertarik. Namun patut diketahui bahwa untuk melakukan gerakan ini Anda tidak boleh memaksakan diri. Lakukan secara bertahap dan ulangi beberapa kali secara teratur setiap hari.

  1. Chin Up

Gerakan chin up dilakukan dengan cara bergelantungan di tempat yang lebih tinggi dari tubuh Anda, bisa pada kusen pintu atau dengan alat yang ada di sekitar rumah Anda.

Chin up bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan menempatkan telapak tangah menghadap ke bawah, kedua dengan meneletakkan telapak tangah ke arah atas. Setelah itu tarik tubuh Anda ke atas dengan kekuatan tangan berulang kali. Geraan ini memanfaatkan berat tubuh untuk melatih otot lengan.

  1. Tricep Dips

Untuk melakukan tricep dips, Anda hanya membutuhkan kursi. Caranya adalah dengan bersandar pada kursi, letakkan telapak tangan pada tepian kursi depan. Setelah itu luruskan kaki dan turunkan tubuh dengan pelan. Usahakan siku tertekuk 90 derajat. Gerakan ini tak butuh ruang banyak. Anda bisa menahan posisi tersebut selama beberapa saat lalu kembali ke posisi normal.

Itulah cara melatih otot lengan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.