Jika Gareth Southgate Berhenti Jadi Pelatih Timnas Inggris, Thomas Tuchel Siap Mengajukan Diri
Mantan manajer Chelsea, Thomas Tuchel. (Foto: Twitter @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan bos Chelsea, Thomas Tuchel, dikabarkan bersedia menjadi pelatih timnas Inggris. Dengan catatan, Gareth Southgate memutuskan untuk pergi.

Tuchel saat ini tengah berstatus pengangguran dan menikmati waktu di Jerman. Dia dipecat The Blues pada September 2022.

Kini Tuchel berambisi kembali ke Inggris, tapi bukan bergabung dengan klub. Pria berusia 49 tahun itu ingin segera kembali ke Inggris sebagai bos dari The Three Lions.

Dia telah melihat secara langsung semua talenta muda yang dimiliki negara Raja Charles itu, baik di Stamford Bridge maupun di klub Premier League lainnya.

Mereka di antaranya adalah Mason Mount, Reece James, Conor Gallagher, Raheem Sterling dan Ben Chilwell. Semuanya merupakan pilar dari skuad timnas Inggris.

Sebenernya Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sangat ingin Southgate tetap bertahan meski gagal membawa timnya lolos dari perempat final Piala Dunia 2022. Kontrak mantan pelatih Middlesbrough itu sebenarnya masih tersisa hingga akhir 2024.

Namun, Southgate berniat mengambil waktu sejenak untuk memutuskan masa depannya, apakah melanjutkan kiprah bersama Inggris hingga EURO 2024 atau mengakhirinya lebih cepat.

Jika Southgate benar-benar memilih untuk berhenti, dapat dipahami bahwa FA lebih memilih untuk menunjuk seorang kandidat dari Britania Raya. Graham Potter, Brendan Rodgers, dan Eddie Howe semuanya masuk dalam radar.

Mantan manajer Tottenhan Hotspur, Mauricio Pochettino, berada di urutan teratas jika dinilai murni dari peluang versi bandar judi.