Tak Punya Lawan Sepadan, Tim Voli Putri Singapura <i>Ngungsi</i> Latihan di Indonesia
Timnas bola voli putri Singapura. (Foto via ANTARA/PBVSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas bola voli Singapura menggelar pemusatan latihan di Indonesia. Mereka "mengungsi" karena tak memiliki lawan sepadan di Singapura.

Rencananya, timnas voli putri Singapura akan menempa diri di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, hingga 5 Desember mendatang.

Tak hanya latihan, tim Singapura akan menjalani serangkaian laga uji coba. Lawan mereka di antaranya Bandung bjb Tandamata, Jakarta Popsivo Polwan, PPOP Kabupaten Bogor dan Jakarta BIN.

"Pertandingan seperti ini penting bagi kami karena kami tidak memiliki lawan latih tanding yang sepadan," kata pelatih Singapura, Suntorn Phoseeta, dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Antara, Sabtu, 3 Desember.

"Dalam sepekan, kami hanya latihan tiga kali. Namun, kami tetap semangat bertanding. Kami berharap dapat tampil di SEA Games 2023 (Kamboja)," ia menambahkan.

Pertandingan melawan Bandung bjb Tandamata sudah digelar pada Jumat, 2 Desember, kemarin. Suntorn mengaku, timnya mendapat pengalaman berharga dengan berhadapan tim kuat seperti bjb Tandamata.

"Kami pun bisa mengevaluasi penampilan anak-anak. Banyak yang harus saya perbaiki dari tim ini, mulai dari blok, pengembalian bola, dan kerja sama tim," ujar Suntorn.

Sementara itu, pelatih bjb Tandamata, Alim Suseno, mengatakan uji coba melawan Singapura merupakan langkah awal dalam persiapan menuju Proliga 2023. Dia mengatakan tim asal Bandung itu baru berlatih selama satu pekan dengan diselingi latihan beban.

"Tim inti masih belum terbentuk. Kerangkanya belum ada," ujar Alim.