Venue Seri Terakhir 76 Indonesian Downhill Punya <i>Obstacle</i> Paling Ekstrem, Peraih Medali SEA Games Sampai Harus Putar Otak
Ternadi Bike Park di Kudus, Jawa Tengah, jadi venue seri pamungkas Indonesian Downhill 2022. (Foto via ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Seri terakhir 76 Indonesian Downhill (IDH) 2022 akan bergulir di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah pada 10-11 Desember. Ada 193 pebalap terbaik yang akan ambil bagian di seri terakhir ini.

Persaingan diprediksi bakal sengit mengingat para peserta bakal mencari poin maksimal. Tujuannya adalah mengamankan posisi podium dari sepuluh kategori yang dilombakan.

Perlu diketahui, sepuluh kategori yang dipertandingkan dalam event ini adalah Men Elite, Women Elite, Men Junior, Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Sport A, Men Sport B, Men Youth dan Women Youth.

Perwakilan 76 Rider, Agnes Wuisan menyebut, para peserta harus punya fisik dan mental yang sempurna untuk bisa menaklukkan Ternadi Bike Park. Sirkuit ini terdaftar dalam Union Cycliste Internationale (UCI) dengan kategori C1.

Itu artinya, lintasan yang akan dilahap para pebalap memiliki obstacle paling ekstrem, baik dari sisi elevasi (ketinggian) maupun segi lintasan.

"Dari segi lintasan, trek ini (Ternadi Bike Park) high speed atau laju sepedanya selalu lebih kencang dan menantang. Ditambah dengan obstacle seperti drop, rock garden, double jump dan table top yang menjadi tantangan para peserta," kata Agnes seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 3 Desember 2022.

"Hal ini tentu sangat menantang, terutama untuk di kelas Elite. Nyali aja gak cukup," lanjutnya.

Downhiller peraih medali perunggu SEA Games 2019 Filipina, Andy Prayoga bahkan harus putar strategi demi menaklukkan terjalnya trek Ternadi Bike Park. Andy terpaksa mengubah pola latihan jelang kompetisi seri dua nanti.

Perjuangan Andy untuk meraih hasil maksimal juga makin berat karena adanya potensi hujan saat berlaga di Ternadi Bike Park mendatang.

"Selain fokus untuk recovery, saya juga mencoba memetakan trek Ternadi Bike Park karena standarnya internasional. Lintasannya jadi favorit semua riders karena curam dan high speed. Semoga kondisi saya bisa lebih fit sehingga dapat bertanding secara maksimal di hari H nanti," kata Andy.