Profil Rizki Juniansyah dan Prestasinya, Atlet Muda Angkat Besi yang Harumkan Indonesia
Rizki Juniansyah (Instagram/rjuniansyah_)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rizki Juniansyah akan menjalani debut dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 yang diselenggarakan di Kolombia pada 5-16 Desember. Selain Rizki ada 11 lifter lainnya dari Indonesia yang akan tampil dalam ajang internasional tersebut. 

Rizki Juniansyah mewakili Indonesia di kelas 73 kg putra. Ia akan berkompetisi melawan seniornya di Pelatnas, yaitu Rahmat Erwin Abdullah. Atlet berusia 18 tahun tersebut menyatakan siap unjuk kekuatan melawan lifter lainnya. 

Meski masih berusia muda, Rizki Juniansyah telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Ia sudah mengumpulkan beberapa penghargaan, yaitu 3 mendali emas dalam kejuaraan tingkat internasional. Berkat pencapaiannya yang gemilang, banyak orang yang mencari tahu profil atau latar belakang Rizki.

Profil Rizki Juniansyah

Rizki Juniansyah lahir di Banten pada tahun 2003. Ayah Rizki yang bernama Muhammad Yassin merupakan seorang atlet sekaligus ketua Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (Pabsi) Banten. 

Atlet muda yang masih lajang ini diketahui sudah bergabung dengan Pelatda POM Banten sejak tahun 2019 saat usianya masih 15 tahun. Rizki menorehkan prestasi dengan memecahkan rekor dunia kelas junior. 

Rizki berlatih dengan giat dan disiplin untuk mengembangkan kariernya di dunia angkat besi. Berkat kerja kerasnya, Rizki berhasil maju di kompetisi yang diselenggarakan di Uzbekistan. 

Prestasi Rizki Juniansyah

Rizki Juniansyah mampu mengejutkan publik dengan pencapainnya di kejuaraan dunia. Rizki berhasil meraih medali dari 3 kategori berbeda kelas 73 kg dalam Kejuaraan Dunia International Weightlifting Federation (IWF) Junior World Champion yang diselenggarakan di Kota Tashkent, Uzbekistan tahun 2021. 

Rizki juga berhasil memecahkan rekor dunia dalam kejuaraan angkat besi IWF Junior World Champions. Ia berhasil mencatat best snatch 155 kg, clean and jerk 194 kg dan total angkatan 349 kg. Rekor sebelumnya yang berhasil dilewati Rizki, yaitu best snatch 145 kg, clean and jerk 180 kg dan total angkatan 325 kg. Sebelumnya, pada SEA Games Vietnam 2022, Rizki berhasil meraih medali perak. 

Pada Kejuaraan Angkat Besi Asian Youth & Junior Championsip 2022 di Taskent, Uzbekistan pada 15-22 Juli 2022, Rizki berhasil mengukir prestasi. Rizki berhasil menyabet tiga emas dan memecahkan satu rekor dunia. Rizki sukses mencetak rekor snatch dari 156 kg menjadi 157 kg, clean and jerk 182 kg, dan total angkatan seberat 339 kg.

Menempati posisi teratas di kelas 73 kg, Rizki Juniansyah harus bersaing dengan lifter asal India bernama Sheuli Achinta yang mencetak snatch 141 kg, clean and jerk 172 kg, dan total angkatan 313 kg. 

Selain itu, Rizki juga dibayangi oleh lifter asal Rusia yang bernama Serobian di urutan ketiga. Serobian mencatat rekor snatch 143 kg, clean and jerk 165 kg, dan total angkatan 308 kg. 

Prestasi Rizki Juniansyah mendapat apresiasi dari Hadi Wihardja Binpres PABSI. Hadi mengatakan bahwa Rizki telah melakukan banyak kemajuan selama di Pelatnas jangka panjang. 

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, juga menyatakan bangga kepada Rizki Juniansyah. Marciano mengucapkan selamat kepada Rizki karena telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

Demikian profil dan prestasi Rizki Juniansyah sebagai atlet muda Indonesia dalam olahraga angkat besi. Dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang akan dihadapinya, Rizki akan menantang seniornya dengan optimis. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.