Mengenal 7 Alat Scuba Diving Beserta Fungsinya
Ilustrasi diving (joakant/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Scuba diving adalah kegiatan menyelam yang dibantu oleh perangkat pernapasan bawah air (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus/Scuba). Dengan selam skuba, Anda bisa menyusuri kekayaan bahari atau alam bawah laut yang ada di perairan Nusantara. Nah, bagi yang ingin melakukan kegiatan menyelam, ketahui dulu macam-macam alat scuba diving.

Macam-Macam Alat Scuba Diving

Perlu diketahui, Peralatan diving merupakan komponen menyelam yang harus Anda tahu karena berhubungan langsung dengan keselamatan.

Alat yang digunakan untuk scuba diving haruslah lengkap. Anda tidak boleh tertinggal satu alat pun karena dapat membahayakan diri Anda.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu 6 November 2022, berikut alat scuba diving yang harus Anda ketahui saat ingin mengeksplorasi kekayaan bahari perairan Indonesia:

  1. Wetsuit atau Drysuit

Alat scuba diving pertama yang harus Anda ketahui adalah wetsuit atau drysuit. Alat ini merupakan pakaian yang biasa digunakan untuk menyelam ke bawah laut.

Wetsuit digunakan ketika menyelam di lokasi warm water. Sebaliknya, drysuit digunakan untuk menyelam di lokasi cold water.

Fungsi utama dari wetsuit dan drysuit adalah untuk menghambat pelepasan panas tubuh saat berada di dalam air serta melindungi tubuh dari sengatan biota laut yang berbahaya apabila bersentuhan secara langsung dengan kulit manusia.

  1. Masker Diving
Ilustrasi masker diving
Ilustrasi masker diving (Didgeman/Pixabay)

Ketika menyelam di bawah laut, Anda juga wajib menggunakan masker diving. Alat scuba diving yang satu ini berfungsi untuk melindungi mata dari air sehingga Anda dapat melihat dan menikmati keindahan alam bawah laut dengan jelas.

  1. Regulator Diving

Regulator diving adalah alat bantu pernapasan ketika sedang menyelam. Peralatan ini termasuk komponen penting dalam kegiatan diving, karena bisa membuat penyelam bertahan cukup lama di bawah air.

Fungsi regulator diving adalah untuk mengalirkan udara ke mulut para penyelam.

  1. Buoyancy Compensation Device (BCD)

Alat scuba diving yang berikutnya yakni Buoyancy Compensation Device (BCD) atau perangkat pengendali apung. BCD adalah jaket yang bisa diisi dan dialiri udara.

Buoyancy Compensation Device berfungsi mengendalikan daya apung para penyelam. Pada saat menyelam, daya apung penyelam dapat diatur melalui alat ini dengan menambah atau mengurangi udara dalam kantung udara BCD.

  1. Weight Belt

Weight Belt adalah alat scuba diving yang berbentuk ikat pinggang dan berfungsi sebagai pemberat.

Sebagaimana diketahui, massa jenis air laut lebih besar dibandingkan massa jenis manusia. Oleh sebab itu, dibutuhkan alat pemberat agar penyelam dapat mengeksplorasi alam bawah laut dengan mudah.

  1. Fins atau Kaki Katak

Seorang penyelam juga membutuhkan kaki katak alias fins, ketika ingin melihat kekayaan bahari.

Alat scuba diving yang satu ini berfungsi untuk mempercepat gerakan para penyelam ketika berenang di dalam air. Semakin besar ukuran fins, maka gerakan yang dapat dihasilkan pun semakin cepat.

  1. Aqualung

Aqualung adalah alat yang berbentuk tabung terbuat dari baja atau aluminium bertekanan tinggi untuk menampung oksigen yang digunakan untuk membantu pernafasan pada saat menyelam.

Alat ini wajib dipakai ketika ingin menyelam dengan durasi yang cukup lama, sebab alat Aqualung bisa membantu Anda untuk bernafas di dalam air.

Demikianlah alat scuba diving yang harus Anda ketahui sebelum menyelam. Semoga bermanfaat!