7 Negara Pastikan Tiket ke Piala Dunia Qatar: 2 Negara Eropa, 5 dari Afrika
Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA – Sebanyak tujuh negara memastikan diri mendapat tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar pada Rabu, 30 Maret dini hari. Dengan demikian total sudah 27 negara yang lolos kualifikasi ke ajang empat tahunan itu.

Tujuh tiket terbaru masing-masing dikantongi oleh dua negara dari zona Eropa dan lima negara lainnya dari Afrika. Dua negara zona Eropa yang lolos ada Polandia dan Portugal, sedangkan lima dari Afrika, yakni Ghana, Maroko, Tunisia, Kamerun, dan Senegal.

Tim nasional Portugal lolos setelah menyingkirkan Makedonia Utara dengan skor kemenangan 2-0 di dalam laga play off di Stadion do Dragao. Dua gol kemenangan itu diborong oleh gelandang Manchester United Bruno Fernandes.

Polandia juga ikut mendapat tiket Qatar setelah menang dengan skor sama atas Swedia. Gol kemenangan ditentukan lewat penalti Robert Lewandowski dan gol Piotr ZieliƄski.

Dari zona Afrika, Mesir dipastikan tidak lolos ke Piala Dunia tahun ini setelah ditekuk oleh Senegal. Kedua tim punya agregat sama 1-1 saat pertemuan kedua selesai sehingga harus merebut tiket Qatar lewat babak adu penalti. Di babak ini Mesir kalah dengan skor, 1-3.

Sadio Mane mencetak penalti kemenangan dalam adu penalti itu untuk mengirim Senegal ke Piala Dunia 2022. Semebtara itu, rekan setimnya di Liverpool Mohamed Salah gagal mengeksekusi penalti untuk Mesir.

Ghana adalah tim pertama yang lolos setelah bermain imbang 1-1 melawan Nigeria. Sebelumnya Black Stars dan Nigeria bermain seri tanpa gol dalam leg pertama yang berlangsung di Ghana.

Thomas Partey membuka keunggulan untuk tim tamu sebelum diimbangi oleh penalti William Troost-Ekong. Kemudian, Kamerun meraih kualifikasi Piala Dunia kedelapan - rekor untuk tim Afrika - setelah final yang dramatis di Aljazair.

Tertinggal 1-0 dari leg pertama, gol babak pertama Karl Toko-Ekambi membuat pertandingan harus berlanjut ke perpanjangan waktu. Aljazair tampaknya telah memenangkan laga berkat sundulan Ahmed Touba pada menit ke-118.

Namun, Toko-Ekambi kembali mencetak gol pada menit keempat tambahan waktu untuk mengejutkan penonton tuan rumah di Blida. Kamerun pun lolos ke Qatar dengan keunggulan produktivitas gol tandang.

Sementara itu, Tunisia tampil berturut-turut di Piala Dunia setelah bermain imbang tanpa gol di Tunis mengalahkan Mali 1-0 secara agregat. Adapun Maroko memiliki malam yang relatif nyaman saat kemenangan kandang 4-1 atas Kongo memastikan mereka lolos dengan keunggulan agregat 5-2 dari dua leg.

Masih ada lima slot tersisa setelah 27 negara memastikan diri lolos ke Qatar. Pada Kamis besok akan ada tambahan dua negara dari zona Concacaf (Amerika Tengah dan Utara), sedangkan tiga slot lain baru akan diketahui pada bulan Juni nanti.