Indonesia Kalah 18-0 dari Australia, Netizen: Terima Kasih Pak Haruna!
Tim nasional putri Indonesia (HUMAS PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Kekalahan besar timnas putri Indonesia saat bersua Australia menuai reaksi beragam dari netizen Indonesia. Selesai laga mereka langsung ramai-ramai menghujani kolom komentar akun Twitter PSSI.

Indonesia harus pulang tanpa membawa angka setelah menelan kekalahan perdana di penyisihan Grup B Piala Asia Wanita 2022. Skuat asuhan Rudy Eka Priyambada ditekuk 18-0, di Mumbai Football Arena, India, Jumat, 21 Januari.

Usai pertandingan tersebut, warganet Indonesia tidak tinggal diam. Mereka menuding induk sepak bola tanah air itu sebagai biang masalah karena dianggap tidak punya sistem pembinaan tim putri yang baik.

Kritik pun mereka sampaikan dalam nada-nada ironi di akun Twitter resmi PSSI. Bahkan nama anggota Komite Eksekutif Haruna Soemitro, yang baru-baru ini menjadi sorotan, terseret kembali dalam perbincangan antar netizen.

”Padahal timnas kita sebelumnya sudah melakoni banyak laga uji coba dengan tim yang kuat, pembinaan yang matang serta didukung penuh oleh exco, gimana ya perasaan dari Pak Haruna yang sudah banyak berkontribusi untuk kemajuan sepakbola kita, terimakasih pa haruna,” tulis netizen.

”Kok bisa kalah 18-0 ya, padahal liga wanita di indonesia bagus banget lo manajemennya, sistemnya, clubnya, prestasinya. PSSI juga sudah berjuang maksimal sih, exconya apalagi. Gak nyangka deh bisa kalah telak gini,” tulis netizen lainnya.

”PR untuk pemerintah kita khususnya PSSI, semoga setelah peristiwa bersejarah ini "otaknya" melek untuk memikirkan pengembangan atlit sepakbola putri. terimakasih untuk pahlawan lapangan hijau kita, kalian kuat menghadapi musibah ini semoga tetap semangat,” komentar lainnya.

Runner up Pemain Terbaik Dunia 2021 sekaligus kapten tim Australia Samantha Kerr tampil memukau pada pertandingan ini. Pemain kelahiran 10 September 1993 yang memperkuat tim putri Chelsea itu sukses menjaring sebanyak lima gol ke gawang Indonesia.

Australia mendulang gol lainnya lewat Caitlin Foord, Mary Fowler, Hayley Raso (dua gol), Ellie Carpenter (dua gol), Emily van Egmond (tiga gol), Tameka Yallop, Kyah Simon, Aivi Luik, serta gol bunuh diri Shalika Aurelia.

Kekalahan dari Australia membuat Indonesia masih menjadi juru kunci grup. Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan selanjutnya akan bersua Thailand pada Senin, 24 Januari, menyusul melawan Filipina tiga hari kemudian.