Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil menjadi salah satu media yang kita gunakan ketika ingin berpergian dan menjadi teman saat berada di jalanan. Sehingga ketika mobil tampak bersih, maka membuat pemiliknya merasa lebih percaya diri saat berkendara.

Akan tetapi kebersihan yang dimaksudkan bukan cuma bagian bodinya saja, melainkan mesin mobil juga harus bersih dan tentu perlu dilakukan perawatan.

Kalian harus tahu bagaimana cara membersihkan mesin kendaraan yang benar sehingga fungsionalitas dari mesin itu sendiri akan terjaga dan lebih powerfull.

Mesin mobil menjadi bagian yang tertutup sehingga akan sering terkena kotoran, residu minyak, atau partikel lainnya dapat membuatnya kotor, terlebih jika Anda sering mengemudi.

Untuk itu berikut beberapa tips membersihkan mesin mobil yang benar:

1. Pertama, pastikan jika Anda menggunakan lokasi yang benar. Kalian harus cari lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Tahap berikutnya pastikan Anda sudah mendinginkan mesin terlebih dulu.

3. Hal yang mesti kalian perhatikan juga dan selalu waspada pada bagian yang dialiri listrik.

4. Silakan dimulai dengan membersihkan debu atau kotoran yang menempel di mesin dan permukan mesin. Jangan lupa juga bersihkan bagian bawah kap mesin.

5. Bila perlu dan akan lebih baik jika Anda menggunakan steamer agar pekerjaan lebih mudah untuk dilakukan.

6. Setelah itu silakan kalian coba keringkan bagian yang telah dibersihkan tersebut dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang apakah ada sisa-sisa sabun. Jika ada, silakan bersihkan.

7. Jika semuanya sudah, silakan kalian coba menyalakan mesin dan panaskan beberapa menit saja jika kendaraan tersebut ingin digunakan.