5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Eksfoliasi Wajah
Ilustrasi (Ivan Samkov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Eksfoliasi wajah sangat penting dilakukan untuk mendapat kulit sempurna. Dengan rutin eksfoliasi, maka kulit mati di wajah dapat menghilang. Efeknya, pori-pori kulit jadi lebih mengecil.

Eksfoliasi juga bantu menghilangkan penumpukan, sehingga kulit lebih muda menyerap bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan wajah, mulai dari obat jerawat hingga serum.

Sebelum memasukkan eksfoliasi ke tahap perawatan wajah harian Anda, berikut VOI jabarkan hal yang perlu diketahui sebelum melakukan eksfoliasi wajah melansir Marie Claire, Jumat, 22 Oktober.

Kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, pilih produk eksfoliasi yang menggunakan formula lembut seperti AHA. Agar kulit terkesan kenyal, lakukan exfoliating mask seminggu sekali. Jangan lupa gunakan lotion pelembab untuk mengembalikan lagi kelembapan kulit.

Kulit berminyak cenderung berjerawat

Exfoliating toner cocok digunakan pemilik wajah kulit berminyak cenderung berjerawat. Exfoliating toner mengandung hydroxy acids seperti glycolic atau salicylic untuk bantu menghilangkan kotoran dan memecah sel kulit mati yang menyumbat pori. Anda juga bisa memilih charcoal mask seminggu sekali untuk bantu menyerap kulit berlebih.

Kulit kombinasi

Pilih scrub eksfoliasi dengan kandungan air lebih sedikit di daerah T-zone, dan bahan eksfoliasi dengan banyak kandungan air untuk area pipi. Cukup lakukan eksfoliasi dua kali seminggu.

Kulit sensitif

Kulit sensitif harus menghindari jenis scrub dengan tekstur berpasir. Coba produk pembersih atau toner yang kaya enzim buah atau tanaman.