KALMNesia 2 Berbagi Tips dan Trik <i>Art & Journaling</i> untuk <i>Self Healing</i>
Workshop Art & Journaling KALMnesia 2 (Dok. Zoom Workshop)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, KALM, perusahaan kesehatan mental dan mental health content creator kembali mengadakan talkshow KALMnesia 2,  dengan judul “Mental Seimbang, Diri Berkembang” pada 9-10 Oktober.

Dalam sesi workshop Art & Journaling KALMnesia 2, pada 9 Oktober, Hertha Hambalie, seorang Psychologist dan Art Therapy Practitioner menjelaskan secara singkat terkait self healing melalui terapi art & Journaling. 

Contoh Art & Journaling (Instagram /@alodita)

Art therapy merupakan teknik terapi yang menggunakan teknik kreatif dengan menggambar, melukis, kolase, mewarnai, untuk membantu individu mengekspresikan diri secara psikologis dalam kegiatan seni. 

Journaling juga merupakan satu bentuk art, dimana Anda menggunakan imajinasi untuk membantu individu mengekspresikan perasaan,” kata Hertha.

Selain itu, art therapy melalui journaling ini juga punya manfaat. Pertama, sebagai media berekspresi. Hal ini bisa membantu membantu fokus saat ini, memahami emosi dan menyadari pengalaman antara emosi dan reaksi tubuh terhadap emosi tersebut. 

Manfaat kedua yaitu membantu mengenali diri. Dengan melakukan art & journaling, Anda jadi tahu self-image yang menjadi keunggulan diri. Ketiga, menjadi ruang kebebasan dan bersekperimen tanpa ada penilaian sebab art merupakan sesuatu yang subjektif, yang mana hanya pembuatnya saja yang memahami hal tersebut. 

Keempat, perubahan perilaku. Secara tidak langsung kita melatih respon kita terhadap sesuatu.”

"Dengan art akan melatih respon kita, misalnya saat menggambar, lalu tercoret, gimana respon kita. Apakah Anda akan marah, atau mengulang. Dengan art itu akan melatih respon kita,” terang Hertha. 

Di sesi ini, Hertha Hambalie juga tidak lupa memberikan tips journaling bagi para pemula, yaitu;

  1. Pilih tempat dimana Anda tidak terganggu (oleh orang lain dan hp)
  2. Berikan waktu 30-45 menit, setelah menulis kamu bisa membaca kembali, memahami, dan melakukan evaluasi.
  3. Lakukan secara rutin
  4. Dorong diri kamu untuk jujur baik untuk pengalaman baik dan buruk
  5. Tidak perlu pikirkan kata bahasa dan ketepatan penulisan
  6. Lakukan untuk diri Anda sendiri

Kesimpulannya, journaling bisa menjadi bagian dari art dimana ada proses kreatif di dalamnya. Hal ini bisa membantu kita mengekspresikan perasaan (mengurangi stres dan kecemasan), membantu memahami diri, dan mendorong adanya insight dan perubahan.