Mengenal Apa Itu Sapioseksual beserta 6 Ciri-cirinya
Ilustrasi (George Milton/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan ini istilah sapioseksual tengah ramai diperbincangkan. Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Secara singkat, sapioseksual adalah ketertarikan kepada seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Biasanya, orang sapioseksual mengutamakan karakter tersebut sebagai kriteria untuk memilih pasangan.

Dikutip dari Mind Body Green, Kamis, 26 Agustus, seorang terapis seks dan hubungan bernama Casey Tanner mengatakan, orang sapioseksual akan tertarik dan terangsang oleh kecerdasan orang lain, dan cenderung lebih tertarik berdiskusi bersama pasangannya secara intens.

“Dalam kasus ini, kecerdasan adalah suatu yang menghidupkan dirinya yang sebenarnya. Bukan soal status, pekerjaan atau keuntungan finansial,” kata Tanner.

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang memiliki ciri-ciri sapioseksual? Dikutip dari HerStory, berikut cirinya.

Obrolan Berbobot Dianggap ‘Seksi’

Bagi seorang sapioseksual, obrolan yang cerdas dan berbobot bisa menjadi dorongan gairah. Percaya atau tidak, seseorang sapioseksual tak hanya suka dan menikmati setiap percakapan intelektual saja, mereka pun bisa merasa terangsang karenanya.

Menyukai Kencan yang Melibatkan Intelektual

Untuk urusan kencan, seorang sapioseksual biasanya lebih menyukai suasana kencan yang ‘intelek’. Pergi ke toko buku atau tempat lain yang dapat menunjukkan seberapa intelektual orang yang berkencan dengannya adalah hal diinginkan seorang sapioseksual.

Menyukai Orang yang Memiliki Selera Tertentu

Perlu diketahui seorang sapioseksual biasanya lebih menyukai orang yang punya selera tertentu, bukan orang yang hanya sekedar menyukai sesuatu karena sebuah tren, lho!

Memerhatikan Tata Bahasa

Jika biasanya ‘diremehkan’, bagi orang sapioseksual, tata bahasa adalah hal yang sangat penting. Ketika menerima pesan teks dengan bahasa yang menurutnya ‘alay’, seorang sapioseksual dapat merasa terganggu dan tentunya hal seperti itu akan menurunkan ketertarikannya.

Kecerdasan Adalah Segalanya

Ketika sapioseksual sudah tertarik dengan kecerdasan seseorang, penampilan fisik atau bahkan gender menjadi hal yang tak begitu penting baginya.

Menyukai Orang yang Dapat Menahan Diri dalam Percakapan

Bagi seorang sapioseksual, menguasai sebuah percakapan intelektual memang sangatlah penting. Tapi, yang lebih penting lagi adalah bahwa orang tersebut juga dapat menempatkan diri dengan baik dalam percakapan tersebut. Kalau tidak pasti akan menurunkan ketertarikannya.