5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jumlah Teman Justru Lebih Sedikit
Ilustrasi (Kampus Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin dewasa, Anda akan menyadari kalau jumlah teman yang dimiliki akan semakin sedikit. Waktu masih sekolah sampai kuliah, rasanya tiap minggu bisa kumpul bersama teman dari berbagai lingkungan. Ya, teman sekelas, teman les, teman rumah, teman dari sekolah lain, dan teman yang Anda kenal dari teman Anda juga. 

Memasuki usia kerja, Anda merasa semakin jarang bergaul. Apalagi setelah usia di atas 25 tahun sampai kepala 3, mungkin Anda akan bertemu dengan teman yang itu-itu saja. Jumlahnya bisa dihitung jari, mungkin tidak sampai 10, bahkan hanya 2-3 orang saja. 

Tenang, bukan Anda saja yang merasakan hal seperti ini. Nyatanya, banyak orang dewasa mengalami hal serupa dan ini wajar. Kira-kira apa ya alasannya? Yuk simak penjelasannya. 

Punya teman banyak ternyata bukan prioritas

Ketika masih remaja, ada kebanggan tersendiri saat punya banyak teman. Setiap bepergian kemanapun, Anda mungkin akan dikenal dan mudah akrab pula dengan orang baru. Setelah semakin dewasa, ternyata prioritas tidak lagi sama. Anda akan mementingkan kualitas dibanding kuantitas. 

Anda mungkin akan berhubungan dengan 2-3 teman saja. Tapi setiap pertemuan jadi lebih intim karena memang hubungan kalian dekat. Anda akan menikmati obrolan yang lebih deep, bukan sekadar basa-basi. 

Menghindari drama pertemanan 

Tidak bisa dipungkiri, hubungan pertemanan juga seringkali diwarnai drama dan pertengkaran. Setelah dewasa, Anda merasa tidak punya waktu untuk terjebak dalam drama yang tidak penting. Anda memilih menghindar dari teman-teman toxic, perkumpulan yang kebanyakan bergosip, dan memilih teman yang memang dekat serta cocok. 

Sendiri pun tak masalah

Banyak orang dewasa memilih untuk menyendiri dibanding bersama teman-teman yang bikin risih. Anda tidak masalah jika harus ke mall, makan, atau minum kopi sendirian. Tidak harus bergerombol hanya untuk jalan-jalan di mall atau liburan sekali pun. Anda semakin tahu teman seperti apa yang paling cocok. 

Banyak yang berubah setelah dewasa

Sudah pasti, Anda banyak berubah setelah dewasa. Mulai dari pola pikir, pandangan tentang hidup, serta pandangan tentang berbagai hal. Anda pun semakin sadar bahwa selama ini merasa kurang sreg dengan pertemanan sampai akhirnya memilih menjauh. Walau saat ini teman hanya sedikit, tapi mereka membuatmu nyaman. 

Semakin sibuk 

Waktu masih sekolah atau kuliah, Anda punya banyak waktu untuk bergaul. Setelah mulai kerja, Anda semakin sibuk. Apalagi ketika sudah berkeluarga dan punya anak. Anda akan semakin malas kalau bertemu teman hanya untuk berbasa-basi. Akan lebih menyenangkan rasanya jika meluangkan waktu untuk bertemu teman-teman dekat walau orangnya cuma itu-itu lagi.