7 Jenis Tanaman Hias Media Air untuk Dekorasi Ruangan
Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan yang tumbuh di media air (Unsplash/Greg River)

Bagikan:

JAKARTA – Tidak hanya tanah, ada berbagai jenis media untuk bercocok tanan diantaranya sekam, hydrogel, dan air. Setiap media bertanam memiliki keunggulan masing-masing, misalnya pada air bisa mudah diterapkan pada lahan sempit serta bebas dari hama pengganggu tanaman dari tanah.

Untuk Anda yang memiliki lahan sempit tetapi ingin ada kesegaran dalam ruangan, berikut 7 jenis tanaman hias yang bisa tumbuh di media air.

Tradescantia

Dikenal dengan spiderwort, motif tanaman air dalam ruangan yang satu ini mirip dengan zebra. Tetapi warnanya kombinasi antara hijau, putih bersemu merah. Dengan intensitas cahaya sedang, tanaman tradescantia bisa tumbuh subur asalkan rajin dipangkas.

Nah, pucuk yang dipangkas bisa diletakkan dalam satu pot media air agar nampak rimbun.

jenis tanaman hias media air
Ilustrasi tanaman air tradescentia (Pexels/Tara Winstead)

Lucky bamboo

Bambu keberuntungan atau lucky bamboo tidak hanya bisa ditanam pada hydrogel dan tanah. Bambu keberuntungan ukurannya kecil dan bisa tumbuh batang baru setiap waktu. Ketika cabang sudah rimbun, bisa ditata berdasarkan struktur ketinggian sehingga tampak estetis.

jenis tanaman hias media air
Ilustrasi tanaman bambu keberuntungan (Unsplash/Elton Sipp)

Bisa juga agar lebih dekoratif dan melengkapi unsur-unsur alam ditambahkan batu pualam sebagai hiasan bagian bawah media air dalam pot. Batu tersebut juga bisa jadi tumpuan batang agar tidak mudah ambruk.

Begonia

Ada berbagai varian tanaman hias begonia, yang dapat tumbuh di media air ialah begonia rex dan begonia tuberous. Untuk mengembangbiakkan cukup mudah, sebab cuma membutuhkan selembar daun, dan tumbuhlah dengan subur pada media air.

jenis tanaman hias media air
Ilustrasi tanaman hias media air, begonia (Unsplash/Severin Candrian)

Peperomia

Kalau dilihat dari motifnya, peperomia semeriah tradescantia. Cuma bentuk daunnya lebih bulat dan warnanya permukaan atas daun serta bawahnya berbeda. Bagian atasnya kombinasi warna silver dan hijau tua. Sedangkan warna bagian bawah kemerahan diikuti sampai batangnya.

jenis tanaman hias media air
Ilustrasi tanaman dalam ruangan media air (Unsplash/Vladimir Gladkov)

Paperwhite

Sekilas mirip dengan daun bawang, paperwhite berbunga putih dan tak jauh berbeda dengan white lily. Nah, jika Anda ingin tanaman hias dalam ruangan yang berbunga, paperwhite bisa jadi pilihan alternatif.

Pegagan

Pegagan air enggak hanya menghias aquascape, tetapi dengan pilihan vas berbentuk unik serta warna menarik bisa untuk menghias ruangan Anda.

jenis tanaman hias media air
Ilustrasi tanaman pegagan (Unsplash/Severin Candrian)

Swiss cheese plant

Bentuk daunnya seperti irisan keju swiss, berlubang bagian tengahnya. Swiss cheese plant populer dikenal dengan monster deliciosa. Artinya, mau melengkapi koleksi varian monstera?

Anda bisa menanamnya dengan media air untuk dalam ruangan dan tanah atau hydrogel yang menghias halaman rumah.