Info Kesehatan: Mudah Sakit? Inilah 7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi menjaga kekebalan tubuh (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Sistem kekebalan tubuh atau imunitas menjadi perisai untuk melawan serangan bakteri, virus, dan infektan yang menyerang tubuh. Diperlukan langkah untuk menjaganya tetap stabil, apalagi kasus COVID-19 lagi meningkat.

Cara meningkatkan imunitas tubuh berkaitan dengan kebiasaan hidup sehat. Jadi, jika gaya hidup Anda saat ini masih sembarangan, mulailah perbaiki hal terebut.

Beberapa Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

1.    Tubuh tidak malas bergerak

Tubuh yang kurang gerak bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kurang gerak dikenal dengan sedentary lifestyle, yaitu gaya hidup dengan lebih banyak duduk atau rebahan. Efeknya sistem kerja otak melambat dan seluruh sistem kerja tubuh kurang efisien.

2.    Membatasi konsumsi gula

Mengonsumsi makanan manis sekali atau dua bukanlah masalah. Namun, disarankan untuk membatasi konsumsi gula karena jika berlebihan bisa menurunkan mikroflora dalam usus.

Dilansir CNN Indonesia, Rita Ramayulis yang merupakan ahli gizi memaparkan cara kerja gula dalam usus.

Bakteri jahat menyukai gula dan mampu menekan bakteri baik. Karena hal tersebut kemampuan sel darah putih melemah dan kemampuan tubuh melawan bakteri menurun.

3.    Mengonsumsi makanan pemrosesan minim

Makanan yang direbus atau dipanggang lebih sehat ketimbang makanan yang diproses secara ribet, misalnya makanan yang digoreng—bisa membuat kadar nutrisi berkurang. Beberapa makanan juga lebih baik dikukus, sebab jika direbus dalam air bisa melarutkan nutrisi tertentu.

Maka penting untuk mengenali cara memproses makanan dan jenis makanan sehat untuk dikonsumsi sesuai kondisi kesehatan Anda masing-masing.

4.    Cukup asupan vitamin D

Selain dengan berjemur pada pagi hari, Anda bisa mencukupi asupan vitamin D dengan mengonsumsi sejumlah bahan pangan, seperti ikan, kuning telur, udang, jus dari jeruk segar, sereal, dan susu.

Dalam berbagai penelitian dibuktikan bahwa vitamin D tidak hanya meningkatkan imun dan memerangi infektan tetapi juga meningkatkan kekuatan tulang, otot, menjaga kesehatan mulut, mencegah diabetes, dn mengatasi hipertensi.

5.    Tidur berkualitas

Tidur merupakan kebiasaan yang tidak sepele. Jika kurang tidur, seseorang bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental.

Setidaknya, dalam sehari dibutuhkan tidur 7 sampai 8 jam untuk cukup memproduksi hormon yang mendukung sistem imun tetap baik.

6.    Kurangi minuman dan makanan berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, bisa memengaruhi jam tidur. Meskipun pada satu sisi kafein bisa bermanfaat meningkatkan fokus, tetapi atur jam-jam konsumsi kopi agar tidak mengganggu rutinitas yang menyehatkan seperti tidur.

7.    Cukup serat dan sayuran

Serat besar manfaatnya untuk mengatur metabolisme tubuh agar bekerja optimal, mulai dari mengatur gula darah hingga menjaga sistem pencernaan efisien.

Sementara, sayuran mengandung vitamin A, C, dan folat yang bermanfaat membantu imun tetap imbang.

Kandungan biokatif dalam sayuran juga membantu melepaskan respons kimiawi untuk mengoptimalkan kerja usus. Ini berfungsi sebanyak 70-80 persen pada produksi sel kekebalan tubuh.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Biar Enggak Gampang Sakit, Begini 7 Langkah Sederhana Menjaga Kekebalan Tubuh. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!