Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur, Apa Saja?
Ilustrasi Teh (Manki Kim/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apa yang biasanya Anda lakukan saat kesulitan tidur? Apakah meditasi atau mendengarkan alunan musik klasik pengantar tidur? Jika ingin kebiasaan pengantar tidur yang baru, mungkin Anda bisa mencoba minum teh sebelum tidur. Minum teh sebelum tidur mampu membuat tubuh lebih rileks dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, tidak semua teh memberikan efek tersebut. Hanya teh tertentu seperti teh hijau, teh chamomile, teh lavender, teh lemonbalm, teh passionflower, dan teh valerian root yang bisa mendatangkan efek tidur lebih nyenyak di malam hari. Nah, kalau kualitas tidur Anda membaik maka ini juga penting bagi kesehatan tubuh.

Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya istirahat untuk kesehatan. Padahal, jika Anda kurang tidur bisa jadi banyak gangguan kesehatan yang akan datang menghampiri. Kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, serangan jantung, dan stroke. Selain itu, depresi dan obesitas juga bisa menyerang.

Untuk itu, mulai sekarang minumlah teh sebelum tidur agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain minum teh, perbaikilah siklus tidur Anda dan jauhkan ponsel satu atau dua jam sebelum beranjak tidur.