Empat Menu Sarapan untuk Mengusir Rasa Kantuk
Ilustrasi (Chris Ralston/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rasa kantuk yang menyerang di pagi hari memang menyebalkan. Apalagi jika sedang banyak-banyaknya aktivitas. Mata dituntut untuk selalu terbuka meski sebenarnya masih ingin terpejam. 

Nah, rasa kantuk di pagi hari bisa Anda hindari dengan memilih menu sarapan yang tepat. Dilansir dari laman Kompas, Selasa, 18 Mei, inilah beberapa makan sehat dan bergizi yang cocok dikonsumsi untuk mengusir rasa kantuk. Apa saja? Mari simak artikel berikut ini.

Oatmeal

Oatmeal cocok disantap sebagai sarapan karena makanan ini mengandung protein tinggi tapi rendah gula. Untuk itu, sarapan oatmeal tidak menyebabkan kantuk. Kandungan karbohidratnya dapat menambah energi dan seratnya juga baik untuk pencernaan.

Buah

Menu sarapan yang tidak bikin kantuk selanjutnya adalah buah-buahan. Pilihlah buah-buahan yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama seperti pisang, alpukat, dan apel. Kombinasi ketiga buah tersebut dapat menambah energi di pagi hari sehingga Anda terbebas dari rasa mengantuk.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan kaya probiotik dan tinggi protein. Maka dari itu, yogurt bisa menambah energi dan membuat kenyang. Tambahkan potongan buah seperti beri, mangga, atau pepaya untuk memperlancar sistem pencernaan.

Omelete dengan keju

Perpaduan omelete dengan keju juga bisa menjadi salah satu pilihan sarapan di pagi hari. Telur juga bisa membuat perut lebih kenyang. Keju yang tinggi protein akan membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar. Kandungan gizi telur dan keju juga dapat memenuhi asupan nutrisi di pagi hari.