Kedutan Mata Kanan Bawah, Inilah Arti dan Penyebabnya
Mata kanan (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Berdasarkan primbon Jawa, kedutan mata kanan bawah punya arti yang baik. Masyarakat Jawa kuno yang memercayai primbon percaya bahwa kedutan pada mata kanan bagian bawah menandakan bahwa orang tersebut akan mendapatkan sebuah keberuntungan atau kabar baik.

Dalam pandangan medis, mata kedutan kanan bawah sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Dokter dan ahli kesehatan mengenal kedutan sebagai kondisi miokimia (orbikularis myokymia).

Biasanya miokimia hanya terjadi pada salah satu mata dalam satu waktu. Kedutan ini jarang terjadi secara bersamaan kedua mata.

Sebagai pengetahuan, kedutan mata kanan bawah bisa terjadi dalam beberapa detik saja, tetapi bisa juga dalam beberapa jam, bahkan hari.

Penyebab kedutan mata kanan bawah sisi kesehatan

Miokimia merupakan sensasi berdenyut atau berkedut yang tiba-tiba muncul akibat kontraksi otot pada area kelopak mata, baik kanan maupun kiri, atas maupun bawah. Dalam beberapa kasus, kedutan juga bisa terjadi pada alis sisi ekor mata.

Dalam dunia medis, kedutan mata kanan bawah bisa dijelaskan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa maksud dari kedutan pada mata kanan bagian bawah.

·         Mata mengalami iritasi.

·         Mata kelelahan, salah satu kemungkinan adalah terlalu lama menatap gawai atau komputer.

·         Tubuh kelelahan dan kurang tidur.

·         Efek samping obat tertentu.

·         Stres.

·         Terlalu banyak mengonsumsi alkohol, tembakau, atau kafein.

·         Alergi terhadap benda di sekitar. Tubuh melepas histamin sehingga mata gatal, berair, dan berkedut.

Selain maksud dan sebab mata kedutan kanan bawah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!