Apa Saja Manfaat Sahur bagi yang Berpuasa?
Ilustrasi (Rumman Amin/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sahur sangat dianjurkan saat menjalani ibadah puasa. Banyak keutamaan yang didapatkan dari bangun sahur. Sahur termasuk sunnah hukumnya dalam islam, dimana jika dijalankan akan mendapatkan pahala, sedangkan jika ditinggalkan tidak mendapat dosa. 

Meski tidak harus dilakukan, namun sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, tak heran jika dokter hingga ahli gizi banyak yang menyarankan untuk sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Lantas, apa saja manfaat sahur bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut!

Sumber energi selama puasa

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Kesibukan harian tetap harus dijalankan seperti biasa. Untuk itu, makan di waktu sahur menjadi kesempatan terbaik untuk mengisi energi saat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa perhatikan asupan protein dan vitamin saat sahur agar selama puasa tubuh Anda tetap segar dan bertenaga.

Menjaga kesehatan pencernaan

Agar terhindar dari penyakit maag, Anda sangat disarankan untuk tidak melewatkan waktu sahur. Jika perut dibiarkan kosong terlalu lama, maka bisa jadi asam lambung naik dan mengakibatkan infeksi pada lambung hingga terjadilah maag. 

Saat sahur, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang tidak membuat kembung dan menyantap makanan dengan porsi normal agar perut terhindar dari rasa begah. Santaplah makanan yang kaya serat agar kesehatan organ pencernaan tetap terjaga. Jika pencernaan Anda terjaga, maka Anda pun bisa lebih nyaman menjalankan ibadah puasa.

Mencegah dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan nutrisi selama lebih dari 18 jam. Oleh karena itu, tubuh jadi rentan dehidrasi. Karena hal tersebut, sebelum berpuasa dianjurkan untuk sahur dengan memakan makanan dengan gizi seimbang dan cukup minum air putih. Usahakan minum air putih sebanyak dua gelas saat sahur agar terhindar dari dehidrasi.