Rekomendasi Cara Unik Menikmati Wisata Budaya di Korea Selatan, Templestay
Wisata di Korea Selatan (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Berkunjung ke tempat-tempat ikonik di Seoul, Pulau Nami atau Pulau Jeju yang menjadi lokasi syuting drama Korea jadi favorit wisatawan asal Indonesia saat berlibur ke Korea Selatan.

Memang tidak dapat dipungkiri, lokasi syuting drama Korea memang unik dan hanya ada di sana. Namun, Negeri Ginseng juga menawarkan banyak objek wisata lain yang dapat memberi pengalaman berbeda bersama keluarga atau sahabat.

Templestay jadi salah satu pilihan yang layak dicoba. Program pariwisata budaya ini memperkenalkan aktivitas yang berkaitan dengan meditasi, membuat kerajinan sederhana, dan menikmati makanan vegetarian di kuil-kuil Buddha di Korea.

Program templestay biasanya dimulai dengan berjalan menyusuri kuil dalam kelompok kecil. Pengunjung akan diberikan informasi dasar tentang agama Buddha dan nilai-nilai manfaat dari bangunan yang dilewati. Lokasi kuil yang dekat dengan alam membuat perjalanan ini akan berbeda dengan menyusuri keramaian yang ada di Seoul.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti kelas meditasi yang dipandu oleh biksu, yang akan memberi arahan bagaimana cara bermeditasi yang baik untuk menemukan ketenangan lebih dalam hidup.

Selanjutnya, pengunjung dapat menikmati aktivitas sederhana dan menjauhkan diri sejenak dari kegiatan digital. Pengunjung akan diajarkan membuat beberapa kerajinan tangan yang harus dilakukan dengan fokus tanpa ada distraksi dari luar, terutama distraksi digital. Peserta diharap dapat menemukan nilai lebih dari aktivitas lain yang sederhana.

Pada akhir wisata kuil, pengunjung akan menikmati makanan yang dibuat secara khusus oleh biksu di kuil tersebut. Peserta akan disajikan hidangan sederhana dan harus mengikuti tata cara tersendiri untuk menyantap makanan.

Makanan kuil biasanya terdiri dari nasi putih dan hidangan sampingan Korea seperti kimchi sawi, tahu putih yang dibumbui, daun perilla, kimchi lobak, daun lobak, kacang kedelai hitam, rumput laut, buah-buahan dan sebagainya. Makanan ini tidak mengandung produk hewani sama sekali.

Adapun, tata cara menikmati makanan kuil, yaitu peserta mengisi piring dengan makanan sebanyak yang peserta inginkan dan membersihkan piringnya setelah makan. Selama menikmati makanan, peserta harus diam tanpa berbicara dengan peserta lain untuk berfokus pada nilai makanan.

Program bertajuk 2024 Templestay Event for Foreigner ini dikhususkan untuk wisatawan asing, termasuk Indonesia. Program ini diadakan di beberapa kuil di seluruh penjuru Korea Selatan mulai April hingga 31 Juli mendatang. Hanya sekitar 1000 wisatawan asing yang dapat mengikuti program templestay ini.