6 Cara Mengatasi Sekring Listrik Panas, Cegah Kebakaran di Rumah
Cara mengatasi sekring listrik panas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sekring listrik di rumah bisa panas disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan rangkaian listrik. Misalnya karena adanya beban berlebihan pada rangkaian listrik dan sudah memburuknya kualitas perlengkapan listrik, seperti steker, kabel, stop kontal, dan lainnya. 

Tidak sedikit orang yang mengabaikan kondisi sekring listrik yang panas. Padahal hal ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan dampak berbahaya. Ketika sekring listrik panas maka lama-lama bisa meleleh hingga memicu terjadinya kebakaran. 

Sekring berfungsi sebagai pengaman jika terjadi kelebihan muatan listrik dan masalah jaringan arus pendek. Ketika dua hal ini terjadi dalam sistem kelistrikan, sekring akan secara otomatis memutuskan aliran listrik untuk mencegah kerusakan tidak menyebar ke bagian lain. 

Apabila sekring listrik tidak berfungsi secara optimal maka bisa menyebabkan berbagai kerusakan. Lantas bagaimana cara mengatasi sekring listrik panas agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah?

Cara Mengatasi Sekring Listrik Panas

Sekring listrik yang menunjukkan tanda-tanda panas maka nggak boleh disepelekan. Sekring listrik yang panas bisa menjadi tanda adanya masalah serius dalam sistem listrik rumah Anda. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka sekring akan meleleh dan membawa masalah yang lebih parah. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sekring listrik yang panas:

Mematikan Aliran Listrik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mendapati sekring listrik panas adalah dengan mematikan aliran listrik. Hentikan lebih dulu aliran listrik yang menyambung ke rumah atau ke tempat sekring berada. Cara ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan dan risiko kebakaran saat mencoba menangani sekring yang panas.

Membiarkan Sekring Dingin

Jika sudah mematikan aliran listrik, sebaiknya biarkan sekring yang panas tersebut menjadi dingin lebih dahulu. Jangan langsung menangani permasalah begitu aliran listrik dimatikan atau dalam kondisi sekring yang masih panas. Cek dengan hati-hati untuk memastikan bahwa sekring sudah cukup dingin untuk disentuh.

Memeriksa Beban Listrik

Sekring yang panas bisa jadi disebabkan oleh beban listrik yang terlalu besar untuk sekring tersebut. Jika terjadi gangguan pada sekring listrik di rumah Anda, sebaiknya periksa beban listrik. Cek apakah terlalu banyak perangkat yang terhubung ke sirkuit yang sama. 

Jika beban listrik berlebihan, sebaiknya pisahkan beberapa perangkat ke sirkuit yang berbeda jika memungkinkan. Langkah ini berperan penting untuk menjaga sekring bisa mengalirkan listrik dengan lancar. 

Mengganti Sekring

Apabila sekring terus-menerus panas, kemungkinan besar penyebabnya karena kerusakan di sekringnya sendiri. Jika mengalami kondisi ini maka sebaiknya segera mengganti sekring yang panas dengan sekring yang baru. Pilihlah sekring yang berkualitas atau sesuai kebutuhan kelistrikan di rumah Anda. 

Memeriksa Koneksi Listrik

Tips selanjutnya untuk mengatasi sekring listrik panas adalah dengan memeriksa koneksi listrik. Terkadang sekring panas karena koneksi yang longgar atau kotor. Cek dan pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan bersih dari debu atau karat.

Meminta Bantuan Ahli Listrik

Menangani masalah kelistrikan merupakan aktivitas yang riskan atau berisiko tinggi. Jika salah melakukan penanganan atau kecelakaan kerja maka bisa menimbulkan dampak ekstrem. Itulah mengapa banyak orang tidak berani mengurusi masalah kelistrikan secara langsung. 

Demi menjaga keamanan dan keselamatan, sebaiknya Anda menghubungi ahli listrik. Jika merasa tidak berani atau tidak bisa menangani masalah listrik sendiri, segera minta bantuan ahli listrik. Mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menangani masalah dengan aman dan efisien.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sekring listrik panas yang perlu Anda tahu. Jika Anda menemukan sekring listrik panas atau melihat tanda-tanda seperti terbakar atau berasap, sebaiknya segera panggil ahli listrik untuk mengatasinya. Baca juga tanda-tanda pencurian listrik di rumah

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.