Menabung Kolagen Supaya Kulit Tetap Kencang dan Segar, Begini 5 Tipsnya
Ilustrasi tips menabung kolagen supaya kulit tetap kencang dan segar (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Semakin bertambahnya usia, kolagen yang membuat kulit kencang dan tidak keriput menipis. Antara usia 25 dan 30 tahun, kita mulai kehilangan satu persen kolagen setiap tahun. Protein paling melimpah di tubuh, disebut kolagen yang dibuat oleh fibroblast. Fungsi utamanya untuk menciptakan dan memelihara struktur jaringan pembentuk tubuh. Struktur jaringan dibentuk oleh serat yang tahan, kuat, dan fleksibel dikenal sebagai serat kolagen.

Menurut dokter kecantikan Mar Mira, ketika kolagen diproduksi secara lambat, garis-garis penuaan mulai muncul pada kulit. Nah, menabung kolagen adalah istilah yang merujuk pada teknik untuk membantu mengisi kembali dan menjaga simpanan kolagen. Istilah ini juga berarti pendekatan proaktif, yang mana dilakukan sebelum produksi protein menurun. Makanya disebut “menabung kolagen” karena disimpan untuk memperpanjang masa kulit kencang dan tetap segar. Bagaimana caranya? Ini daftar yang bisa dilakukan.

tips menabung kolagen supaya kulit tetap kencang dan segar
Ilustrasi tips menabung kolagen supaya kulit tetap kencang dan segar (Freepik/jcomp)

1. Microneedling

Microneedling juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen. Dilakukan secara prosedural oleh ahli kecantikan dengan memakai jarum kecil untuk menusuk kulit. Dengan melukai kulit menggunakan jarum, mendorong tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin yang menyembuhkan. Pada akhirnya, membuat kulit regenerasi, terlihat segar, dan awet muda.

2. Suplemen kolagen

Anda bisa melakukan banyak cara untuk menabung kolagen. Ini tergantung preferensi yang Anda jalani. Cara kedua menabung kolagen, dengan memakai suplemen kolagen. Bentuknya beragam, ada yang berupa kapsul, bubuk, dan gel.

3. Serum kolagen

Formula yang terkonsentrasi, dibentuk menjadi serum berbasis. Formula ini berbasis kolagen yang disebut serum kolagen. Ini juga merupakan cara efektif meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

4. Pola makan kaya vitamin C

Vitamin C tidak hanya sebagai perantara sintesis kolagen dalam tubuh. Melansir Vogue, Rabu, 3 April, vitamin C juga meningkatkan efektivitas kolagen sebagai anti penuaan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Tetapi buatlah variatif, seperti mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau tua, buah jeruk, pepaya, paprika, dan blackcurrant.

5. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Memakai tabir surya, penting dilakukan setiap hari. Karena dengan memakai pelindung kulit ini, tidak terpapar sinar UVA dan UVB yang merusak kulit dan menghabiskan cadangan kolagennya.

Itulah kelima cara menabung kolagen supaya kulit tetap kencang dan segar. Anda bisa melakukan cara sederhana, seperti mengonsumsi makanan sehat yang mempercantik kulit dari dalam tubuh serta rutin memakai pelindung kulit dan merawatnya secara lembut.